Tuesday, April 17, 2018

BEAUTY ~ SUN SCREENS, SUN CREAM, SUN BLOCK: PENTING ENGGA SIH?

Assalamualaikum teman-teman,

Yeyeye, udah bulan April aja yaa, saatnya berusaha untuk menulis lagi, ceritanya sih mau konsisten minimal sebulan satu post lah yaa, ^^

Kalau di Korea, bulan April adalah picnic time, menikmati spring yang indah dengan pemadangan cherry blossom yang hampir ada di sepanjang jalan dan yang paling aku suka ialah udaranya, udaranya sejuk, angin sepoi-sepoi, nyaman dehh, buat santai-santai..hahahha sayangnya entah karna dampak global warming atau alasan yang lain, cuaca di Korea saat ini tidak menentu, udah seminggu ini, suhu kembali turun alias serasa kembali ke winter dengan suhu sekitar 6-10 degree Celsius ditambah angin kencang yang kesana kemari membuat seluruh badan merinding disko.

Suasana di suatu Kota di Korea
Walaupun terlihat masih belum panas, tapi tetep wajib pakai sunscreens atau suncream atau sunblock, namanya macem-macem ya, sama aja tapi hanya penyebutannya beda-beda, tergantung preference masing-masing, aku bikin seragam aja ya, aku mau pakai kata sun cream. Kalau pertanyaannya, penting engga sih si suncream ini? jawabannya penting bangets. Aku akan meringkas tentang penting nya suncream dan printilannya, aku bukan expert tapi aku hanya menulis ulang dengan my style tentang apa yang sudah aku dapatkan dari membaca juga, bayak artikel atau blog-blog yang membahas tentang suncream ini. Aku sering baca dari SOKOGLAM atau TheKlog, sangat-sangat membantu sih tentang informasi dan pengetahuan baru.

Pentingnya SUN CREAM?
Sun cream atau sun screen ini adalah salah satu skincare wajib untuk daily kamu. Bahasa ekstrim nya kamu bisa menyelamatkan hidup kamu dengan sebuah sun cream, yang mungkin terdengar sepele tapi ternyata efeknya sungguh benar-benar mencenangkan #bahasanya lebay hahaha. Intinya sih penting bangets, sun cream ini berfungsi untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UV.

Sinar UV ini adalah salah satu penyebab kanker kulit selain itu juga bisa merusak kulit seperti menyebabkan keriput, penuaan dini, pigmentasi dan kanker kulit. Sereem ya, tapi ternyata banyak dari kita yang menyepelekan yang namanya sun cream, yuks mulai sayangi diri kita dengan menggunakan suncream setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah. Mungkin akan lebih enak kalau dimulai dengan mengenal apa sih sejatinya Sun scream, jenis-jenis nya dan gimana kita memilih produk yang oke buat kita. Yuks lanjut baca...!!! ^^ hehhe

JENIS SUN CREAM
Berdasarkan bahan dasarnya sebuah suncream, kita bisa menggolongkan menjadi 2 macam yaitu "Physical" dan " Chemical", apa itu perbedaannya...
-  "Physical" yaitu suncream yang menggunakan bahan titanium dioxide dan zinc oxide
- "Chemical" menggunakan bahan selain yang digunakan oleh jenis "physical"
Cara kerja kedua jenis ini hampir sama, yaitu blocking dan reflect sinar matahari yang datang ke kulit. Biasanya physical ini menahan sinar matahari dari permukaan sedangkan chemical dia meresap di kulit lalu menghampurkan kembali sinar yang terserap tadi.
Namun dengan seiring perkembangan teknologi khususnya di per-skincare-an, hehhe. Produk-produk yang ada di pasaran saat ini merupakan gabungan antara 'physical' dan 'chemical' untuk menghasilkan produk yang terbaik untuk kita. ^^


SPF dan UV-A? apa sih... ^^
SPF
Merupakan perhitungan seberapa tinggi suncream kamu dapat melindungi dari sinar UV B,
Sejatinya SPF 30 sudah cukup untuk melindungi wajah kita dari UV B karena mereka dapat melindungi hampir 97% dari total UV B yg terpapar ke kulit.
apa sih artinya SPF 30, jika kulit kita tanpa perlindungan lalu terpapar sinar matahari sampai kulit kita muncul redness (kemerahan) memerlukan waktu 10 menit, maka jika kita menggunakan SPF 30, perubahan kulit redness memerlukan waktu 30*10= 300 menit, artinya sun cream ini hanya berusaha meminimalisir paparan sinar UV yang datang, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengulangi pemakaian setiap 1-2 jam sekali.

UV-A
Seberapa besar kemampuan dalam melindungi kulit kita dari sinar UV-A. Sebagian besar sinar matahari yang datang, di dalamnya ialah sinar UV A. Walaupun sinar UV-A tidak menyebabkan sunburn atau redness, tetapi sinar UV-A ini dapat menyebabkan mutasi gen bahkan kanker serta penyebab penuaan dini seperti flek hitam, kerutan, dll.
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini para ilmuwan di bidang kecantikan telah berusaha menciptakan suncreen filter yang dapat melindungi kulit kita tidak hanya dari UV B namun juga dari UV A. Sayangnya, protection factor untuk UV-A belum memiliki standarisasi seperti SPF pada UV-B. Tapii tenang guys, biasanya mereka menyebutnya PA itu artinya produk tersebut juga sudah ada perlindungan untuk UV-A, dan berapa jumlah + setelah PA juga memiliki arti yang berbeda.

PA ini biasa digunakan oleh produk suncream Asia khususnya dari Jepang dan Korea, PA ini berdasarkan factor of persistent pigment darkening (PPD), jadi mereka me-ranking kemampuan dari suncream dalam perlindungan sinar UV-A dalam durasi terpapar sinar matahari antara 2-4 jam. Jumlah (+) menunjukkan kemampuan perlindungan terhadap UV-A semakain banyak jumlah (+) semakin tinggi pula perlindungannya. Berdasarkan asosiasi industri kosmetik di Jepang, berikut merupakan deskripsi dari setiap jenis PA:
- PA + : Suncream memiliki kemampuan perlindungan UV-A dengan PPD antara 2-4 jam atau bisa dikatakan memiliki medium protection untuk UV radiation
- PA ++ : Memiliki kemampuan perlindungan yang tergolong  moderate dengan PPD antara 4-8 jam, ideal untuk temen-temen yang "normal" lah frekuensi terkena mataharinya sampai yang cukup sering terkena sinar matahari.
- PA +++ : Kalau yang ini untuk yang terpapar sangat kuat sinar matahari tiap jarinya, memiliki perlindungan dengan PPD lebih dari 8 jam.

PENGGUNAAN Sun Cream 
Cara penggunaan sun cream ini sangat beragam, tergantung dari jenis suncream yang kita gunakan serta apa aja produk yang kita pakai. Secara umum, penggunaan suncream diwajibkan sebelum keluar rumah alias sebelum terkena matahari. Penggunaan produk yang menggandung SPF secara berlapis hukumnya di anjurkan, misalnya udah pakai cushion yang ada SPF nya, lalu masih pakai suncream.

Lalu apakah kalau pakai dua produk SPF akan memberikan double protection? kalau yang aku baca katanya engga double juga, patokannya adalah protection yang tertinggi. Suncream sebaiknya dipakai berulang setiap 1-2 jam sekali apalagi kalau kita berada langsung di bawah terik matahari.
Gunakan moisturizer sebelum suncream, jadi urutannya, kondisi wajah setelah cuci muka:
Toner > Serum > Emulsion > Cream > Sun cream > Make up

Suncream yang buat wajah, bisa dipakai untuk badan. Namun kalau suncream yang buat badan belum tentu bisa dipakai untuk wajah ya.. hehhehe

FAKTOR-FAKTOR dalam pemilihan Sun cream
1. Tingkat perlindungan :
Protection factor bisa SPF atau UV-A atau keduanya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Konsistensi
Konsistensi bisa dilihat dari setelah penggunaan beberapa jam, apakah kulit kita jadi tambah berminyak gitu atau gimana, lalu tahan berapa jam.

3. Kemudahan dalam penggunaan:
ini macem-macem nihh bentuknya, ada yang stick, cream biasa, ada yang spray. jadi kalau spray ini pengunaannya setelah make up bisa, jadi tidak merusak make up.

4. Hasil di muka kita:
contohnya hasil di muka kita: greasiness, shiness, white effect. Kalau ini menurutku bisa dilihat dari seri si suncream. Misal sekarang kan macem-macem juga ya jenisnya. kalau yang no sebum biasanya dia langsung terserap di kulit. Nah kalau yang dia pakai bahan "physical: biasanya ada kesan putih gitu, tapi ini katanya malah lebih dianjurkan untuk kulit sensitive. Selain itu, pemilihan jenis suncream ini juga harus disesuaikan sama jenis muka.

5. Harga
Lhaa inii, harga, hehhe biasanya harga menentukan kualitas. Hubungannya sama konsistensi tadi. Bahan-bahan yang terkandung di setiap produk suncream biasanya beda-beda tiap brand. Engga semua yang mahal baguss bangetssss dan bukan berarti yang murah juga g bagus. Kebanyakan produk korea bagus-bagus aja, asal produknya asli ya, dan emang produk korea cukup ringan di wajah tapi bener-bener bekerja dengan baik.

REVIEW PRODUK
Ini beberapa sun cream yang aku pakai, hehhe, nanti bakal aku update isi nya kalau ada produk baru yang aku cobain. Biasa yaa, review produknya ala bu Dewi, lebih ke kesan pertama pemakaian, karena aku engga terlalu details orang nya, jadi susah kalau harus mengungkapkan apa perbedaannya, asal dipakai engga bikin gatel atau bikin makin jelek aja mukanya, cukupppp buat eike. hahhaha

1. Etude Sunprise mild watery light
Harga 150.000 (di @ujongbilla_skincare)

Etude Sunprise mild watery light
Testur dari Etude Sunprise mild watery light
Setelah diratakan di tangan 
Meresap sempurna di kulit ^^
Produk etude yang ini ialah jenis watery light. Kalau tipe kulit kering seperti aku sihh cocok banget karna dia langsung menyerap gitu di wajah, tapi ya kudu sering-sering pakai ohh iya dan engga bikin oily sih. Kan kadang-kadang ada ya, dia watery tapi lama-lama jadi oily gitu di wajah. Jadi bisa bisa aja di pakai sama kulit kering atau berminyak.

2. Primera UV Protector Skin relief
Harga 450.000 (di @ujongbilla_skincare)

Primera UV Protector Skin relief

Tekstur dari Primera UV Protector Skin relief

Saat diratakan ke seluruh kulit

Saat meresap sempurna di Kulit
Primera ini suncream termahal yang pernah aku punya, hahhaha kenapa beli, karna dulu aku cari sun cream yang bisa buat ibu hamil, dan suncream ini bisa buat ibu hamil karna dia menggunakan bahan-bahan alami dan organik jadi bener-bener aman. Aku juga suka sih dari hasilnya, setelah dipakai, dia agak bikin kesan putih gitu, tapi engga lebay efeknya, dan setelah beberapa menit menyatu ke kulit wajah dan bikin berkilau gitu. Kata temenku saat aku pakai di Indonesia, wajahku tampak glowing. hahhaha. Mungkin hanya lip service tapi aku tetep bahagia. hehhe


3.The Faceshop Natural Sun essence
Harga 150.000 (di @ujongbilla_skincare)

The Faceshop Natural Sun essence

Tekstur dari The Faceshop Natural Sun essence

 Saat diratakan ke seluruh kulit

Saat meresap sempurna di Kulit
Aku paling banyak nihh, nyobain brand the faceshop suncream nya. Aku pernah coba yang natural sun yang SPF 40 juga tapi bukan yang essence. Teksturnya sama-sama light dan langsung meresap di wajah. Tapi kalau yang essence ini agak bikin muka moist gitu, jadi lebih cocok untuk kulit kering kalik ya. Tapi enaken sih pakai the faceshop dia harumnya harum seger engga norak gitu. Engga bikin white cast yang produk ini.

4. UV SHIELD SUN PROTECTOR EX SPF 50+ PA++++
Harga 350.000 (di @ujongbilla_skincare)


Untuk produk suncream yang udah aku cobain, insyaAllah akan aku update lagi ya.

Kalau temen-temen mau berbagi tentang kesan-kesannya atau review sun cream yang udah dipakai atau suncream favoritnya, yuks tulis di komentar. Berbagi pengalaman, insyaAllah bermanfaat untuk temen-temen yang lain yang sedang galau nyari suncream.

hehhe

Makasih banyak udah baca sampai tetes terakhir. hehhe
Kalau ada yang salah, mohon koreksi nya ya temen-temen.. ^^







16 comments:

  1. Kak kalo suncream yang produk indonesia pernah cobain ga?atau pernah ngebandingin gitu enakan mana suncreamnya korea sama yang produk lokal buatan indonesia?..oh iya aku nih kulitnya oily banget kan..aku pakenya sucream parasol..tapi rada ga enaknya dia kalo dipake dimuka aku jadi tambah oily..ada recomen ga ka..kalo yang produk suncream korea yang buat oily skin yang bagus apa?..oh iya nih kan aku mau coba recipe sunspray..lebih bagus spray atau yang cream ka buat sunscreen gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii salam kenal,
      Dulu pernah sempet beli parasol juga tapi hampir g pernah dipakai, karna agak lengket kalau yg aku rasain sih. produk korea yang pernah aku coba so far engga ada yg bikin lengket. hehhe
      Kalau dari yang aku baca, milih nya yang cepet meresap dan matte finish, kalau yang yang temen2 lain coba Apieu, missha, the faceshop itu juga oke, cari yang no sebum dan oil control. Spray biasanya dipakai untuk yang sering pakai make up, dan biasanya lebih mahal. Kalau buat penggunaan normal, cream menurutku better. hehhehe
      Semoga bermanfaat, maaf ya kalau kurang banyak informasinya. ^^

      Delete
    2. Wahh..thankyou ulasannyaa..aku jadi bisa cari sunscreen lebih gampang buat kulit oily kaya aku..o iya..mau nanya satu lagi nih ka..aku lagi keranjingan banget sama nature republic nih 😂..dan aku liat ada producknya yang sun stick gitu..itu kaka pernah coba ga?kalo sunstick sama yang cream gitu gimana ka?recomended yang mana?

      Delete
    3. Sebenernya bentuk stick itu hanya untuk mempermudah pemakaian, engga ada special kandungannya. Kalau hasil di kulit kita gimana, juga tergantung dari jenis dan brand nya..Tapi stick ini lebih mudah dipakai hehhe Kalau aku pribadi belum pernah sih pakai yg stick, kapan2 aku coba dehh ^^

      Delete
  2. Kalau aku si lagi pengen coba sunscreennya laneige yg katanya bagus. Untuk skrng sunscreen dari jepang yg biore itu sih masih terbaik dgn harga yg affordable juga tp bahannya katanya si masi pake alcohol so far masih bagus2 aja. Sebenarnya masih gatau juga sii better apa merk mana tp sejauh ini sunscreen yg tak coba msh aman aman aja, dan pengen nyari yg berbahan organik. Untung kak dewi bahas di blog nya jadi minim aku msh tau kalo ada sunscreen yg menggunakan bahan organik dgn harga yg segitu kalo dia good looking hasilnya yaa worth it lahh yaa 😃 harganya hampir sama, sama tbs yg drops of light yaa kalo gak salah 😅.sharing terus yaa kak biar tau skincare mana yg better dan kalo bisa bahan2 organik. Aku sering liat kakak di ig,jujur lagi banyak2nya pengen cari info soal skincare dsb nya smoga blognya kakak bisa jadi tempat buat sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihhh juga udah mau sharing ^^, iya aku juga baca reviewnya tentang biore UV Aqua rich bukan?Iya semua produk primera dia pakai organik hehhehe skincare nya juga ok. Semoga bisa sering-sering sharing yaa hahhaha wahhh aku kudu lebih banyak belajar lagi. ^^

      Delete
  3. Aku setuju banget kalo sunscreen memang penting. Rasanya percuma pake skincare berlapis-lapis tapi gak pake sunscreen, kulit akan tetep rusak kena sinar UV. Sejujurnya masih galau sih cari sunscreen yang mild, gak lengket di kulit, dan bisa melindungi dgn maksimal. Tapi sementara ini pake Skin Aqua yg UV Moisture Gel Spf 30 hasilnya oke banget. Kalo dipake buat berpanas-panas seharian bisa keliatan banget efeknya. Muka bener-bener aman, gak ada sunburn, dan yg pasti gak bikin jerawatan. Formulanya juga gak lengket di kulit, ringan, dan cepet meresap. Udah gitu bisa dipake di muka sama badan, jadi kalo berenang atau ada aktivitas outdoor bisa dijadiin body lotion. Pengalaman pribadi, kalo sebelum berenang pake skin aqua ini, bener-bener bebas gosong loh.

    Btw lengkap banget kak dewi tulisannya. Seminggu sekali dong update postingannyaa. hihi


    Silakan mampir ke blog saya ya, kita saling share :)

    www.dininug.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mba Dini, salam kenal ya ^^,
      wahh makasih banyakkk jadi tambah pengetahuannya nih, siap udah mampir ke blog nya inii.. hehehe
      Kapan-kapan nyobain produk-produk jepang deh, sepertinya kece produk suncream nya. Makasih banyak ya mba Dini ^^

      Delete
    2. salam kenal juga :)
      banyakin review sama sharing tempat2 di korea ya mb dewi. Menarik bgt kayanya. hehehe

      Delete
    3. insyaAllah, jangan bosen-bosen ya bacanya,
      hehhehe
      Tulisan mba Dini kereennn, reviewnya detail banget, kudu banyak belajar nih ke mba Dini ^^

      Delete
  4. wahhh terima kasih kakak penjelasannya bisa nambah pengetahuan baru ttg sunscreen 😆😆😆😆
    mau sharing juga nih kak, aku setuju banget kalo penggunaan sunscreen itu pentng bangeet bangeet bangeett, kadang walaupun cuma di dalam ruangan tpi yg jendelanya banyak dan paparan sinar mataharinya masuk ruangan, aku tetep rajinin pake sunscreen.jadi bisa dibilang hampir tiap hari pakai sih, cuma beda di ketebalan pakainya aja. manfaat yang paling kerasa di aku setelah rajin pakai sunscreen adalah warna kulit yg gak merata, makin rajin pakai, warna kulit yg tdk merata tdi makin memudar, jerawat juga jadi cepat proses penyembuhannya dan apalagi bekasnya, bisa kilat banget deh ilangnya. pokoknya semenjak rajin pakai sunscreen, kulit juga terlihat makin sehat gitu. jadi ini adalah skincare yg paling penting di rutinitas skincare.😁😁😁
    oh iya btw, aku pakai sunscreen nya skin aqua, murce dan bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh makasih banyak udah sharing,
      waaa...banget banget ya efeknya, iyaa, aku jadi pingin nyoba skin aqua tapi kalau di Korea susah banget dapetnya. hehhe

      Delete
  5. Halo kak makasih buat ulasannya, sangat membantu buat nambah pengetahuan tntang suncream. Emang sih yaa harganya thu kebanyakan mahal-mahal, apalagi buat yang kulitnya acne prone kayak milikku :'D tapi bener deh emg suncream sangat sangat membantu karena buktinya setelah rajin makek suncream jerawat2ku jd lebih cepet matengnya entah gimana hahahaha.. dan yg paling keliatan bgt adalah bekas2 jerawat yg memudar. Udah cocok bgt nih pake Natrep Calendula tp trnyata nyarinya susah syekali hiks... Sekarang sih lagi nyobain Skin Aqua, nyaman juga tp nggak senyaman waktu makek Natrep soalnya Skin Aqua ini kalo udah lamaan gtu dia malah bikin minyak di wajah tambah banyak, jd sebel kudu usap2 terus pake face paper. Kakak ada nggak suncream yg bagus buat acne prone tp harganya tetep trjangkau??? Kayaknya aku emg udah klop sama yg made in Korea aja deh.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai haiii
      Iya si Nature republic kalau engga diskon harganya super mahal, ini ada produknya Mamonde SPF 45, dia untuk acne prone dan sensitive gitu. Harganya juga terjangkau, siapa tau cocok, kalau jenis lain calendula juga ada daily sun screen dari mamonde juga, tapi barangnya belum ready. ^^

      Delete
  6. Makasih mba dewi untuk review ttg sun cream... Sebenarnya baru mulai ngerawat muka lg sehabis anak kedua umurnya setahun... Liat muka kucel bgt plus muka berminyak pake produk lokal sini macam wardah, ponds ga cocok makin parah jerawatnya... Sudah berminyak jerawatan pula... Duh ��
    Saya tipe org yg sukanya praktis aja suncream bedak tabur wes beres...
    Kmrn coba iope yg dr ujongbila enakeun bgt cepat meresap ga bikin lengket muka plus ga ada efek putih kya pk topeng...


    -Prista Desfia-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii mba Prista, salam kenal ^^,
      IOPE emang salah satu produk kece mba, dia saudaranya mamonde dan laneige hehhe Rajin pakai serum di malem hari juga lumayan ngefek mba. ^^ biasanya dari dikit-dikit nanti lama-lama jadi rajin ngerawat wajah hehhe #curhat

      Delete

Total Pageviews

Followers