Friday, March 30, 2018

TRAVEL: KOTA CANTIK SEPERTI NEGERI DONGENG [TRAVELING ALA BU DEWI] ~ VISIT BELGIUM

Assalamualaikum teman-teman,
Hai haiii,

hehhe
Rajin mamet, nulis blog nya,
Kalau hati gelisah, pikiran pusing, salah satu cara untuk "me time" adalah menulis, entah mengapa, ada sedikit harapan, tulisan yang aku tulis ini bisa sedikit bermanfaat untuk orang lain. Minimal ngasih informasi nama tempatnya apa. hahhaha

Cari di google juga bisa kalik Dew, engga usah sok penting gitu...
hahhaha Whaaaa.... sedihhh,,, maafkan ya..

Kali ini aku mau sharing tempat-tempat yang aku kunjungi selama di negara Belgia. Kalau denger negara Belgia pasti inget nya waffle ya. hehhe Selama di Eropa, hampir tiap hari aku makan waffle dan gelato, mumpung di eropa nihh kudu puas..hahha #prinsip apa ini. hahhaha Semoga bukan yang terakhir yaa..keep positive mind walaupun entah kapan hahha

waffle......^^

Di belgia, kita keliling ke 3 kota yaitu Antwerp, Brussels dan Bruges. Ketiga kota ini punya ciri khas masing-masing. Antwerp adalah kota pelabuhan terbesar di Belgia, Brussels pusat kota yang merupakan ibu kota Belgia, Bruges sebuah pedesaan yang super cantik. Aku akan sedikit ngasih gambaran singkat dari ketiga kota ini dan tempat-tempat yang aku kunjungi dan gimana feeling nya. hehhe

1. Antwerp
Antwerp adalah kota pelabuhan di Sungai Scheldt Belgia, yang sekarang menjadi salah satu tujuan favorit oleh para wisatawan yang berkunjung ke Belgia. Kalau dari beberapa website, mereka menerangkan kalau kota ini terkenal akan "diamond", mungkin yang hobi beli berlian bisa ya beli disini. hehhe. Kalau dari suasana kota nya, gimana ya mengungkapkannya, kota tua dengan bagunan-bangunan eropa bangets, masih ada beberapa castil yang biasa kita lihat di game age of empire, hahha dan kita bisa menikmati suasana khas pelabuhan dengan angin yang menghembus kencang nya.

Kebetulan aku stay di Antwerp untuk 3 hari 2 malam, dengan agenda berkunjung ke kota lain. Aku dan keluarga nginep di hotel ibis yang berlokasi engga jauh dari Antwerp station. Kebetulan saat kami sampai di Antwerp udah malem, jadi kami hanya istirahat di hotel dan keesokan harinya di lanjutkan berkeliling kota Antwerp. Niatnya biar engga repot dan bingung pakai kendaraan umum, kita memutuskan naik mobil dari hotel ke pusat kota, waoooooo, nyari parkirnya susah sekali teman-teman, lalu diputuskan parkir di pusat pembelanjaan gitu. Tujuannya keliling aja, hahaha,

Setelah aku cari tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, aku memutuskan yuks kita ke daerah Grote Markt atau pusat kota, apa lagi kalau bukan city hall. hahhaha Biasanya kalau di Eropa, daerah yang rame ya di sekitar city hall nya (sok tau bangets ya), tapi bener kog, kan udah research dulu, hehhe Jadi di sekitar city hall nya, kita bisa jalan menyusuri pelabuhan dan ketemu Het steen, dan melanjutkan perjalanan ke MAS alias Museum aan de Stroom. Semua gratis, engga ada yang bayar, dan udah puassss hehhe #tips jalan-jalan hemat tapiii yaa ituu bayar parkirnya bikin kaget, hahha saat mau bayar kalau engga salah habis hampir 50 euro. Kerenn euy, padahal engga lama banget, mungkin sekitar 3-4 jam. hehhe Emang mahal kog biaya parkir di Eropa hehhe

- Grote Markt adalah alun-alun kota yang terletak di jantung kawasan kota tua. Itu dipenuhi dengan balai kota (city hall) yang mewah, banyak guildhalls abad ke-16 yang rumit, banyak restoran dan kafe. Terletak dalam jarak berjalan kaki dari sungai Scheldt, biasanya kalau ada acara-acara kota akan diadakan di alun-alun ini. Lalu setelah selesai foto-foto disini, lanjut jalan menuju pelabuhan. ^^
Di sekitar sini juga ada yang jual oleh-oleh, harganya masih standar kog. ^^

Bergaya ala-ala honeymoon di depan city hall

City hall dan patung Brabo (nama patung nya)

Het Steen adalah benteng abad pertengahan di pusat kota tua Antwerpen, Belgia, salah satu pelabuhan terbesar di Eropa. Dibangun setelah serangan Viking pada Abad Pertengahan awal sebagai benteng batu pertama Antwerpen, Het Steen adalah bangunan tertua di Antwerp dan dulunya adalah pusat kota tertua.

Suanana pinggir laut, jalan menuju Het steen

Het steen castle

- Museum aan de Stroom (MAS) kalau dalam bahasa Belanda artinya Museum di tepi sungai) adalah sebuah museum yang terletak di sepanjang sungai Scheldt di distrik Eilandje di Antwerp, Belgia. Dibuka pada Mei 2011 dan merupakan museum terbesar di Antwerp. Museum ini ada sampai 11 lantai kalau engga salah, bisa bayar bisa gratis, jadi kalau misal memilih yang gratis tanpa tiket, bisa masuk gedung nya dan ke lantai berapa-pun tapi engga bisa masuk di museum nya. Kalau kami kemarin engga masuk ke ruangan museum nya, hanya ingin menikmati Antwerp dari ketinggian, dan kalau mau ke rooftop nya kita harus bayar 5 Euro kayaknya. Aku ke atas dongs, hehhehe kapan lagi bisa lihat seluruh kota Antwerp dari atas gedung yang tinggi. hehhe

Bangunan MAS dari luar

Pemandangan dari atas MAS

MAS dengan pelabuhan di sekitarnya

- Central station adalah nama stasiun kereta di Antwerp. Station nya yang bangunan tua nya masih tetep dipertahankan, dan sekitar station nya di bangun pusat pembelanjaan mini gitu sampai ke daerah sekitar hotel ibis. Jadi enak banget sih kalau yang pakai train kemana-mana, nginepnya di hotel ini ^^. Di sekitar Antwerp station, banyak makanan, makanan halal juga ada, bahkan makanan Indonesia juga ada. hehehe Alhamdulillah yaa.
Oh iya karena aku jalan-jalan disini udah lumayan malem bgt, jadi udah sepi gitu, agak takut sih, gimana ya, ke tempat asing dan malem nan sepi, dan ada beberapa polisi bersenjata gitu yang berjaga, kan tambah parno ya. hehhe
Jalan-jalan di Eropa diusahakan dimulai dari yang paling pagi, muter-muter sampai gempor, hehhe lalu sebelum malem banget udah sampai hotel. Di Belgia juga sama sih, pertokoan disini buka sampai sekitar jam 8. Tapi lebih rame dibanding dengan den haag. Ada tempat makan yang buka sampai jam 10 malem di Antwerp

Bentuk central station bagian dalam

Peron station nya

2. Bruges
Hari kedua di Belgia, kami pergi ke luar kota nih, ada 3 pilihan kota yang pertama Bruges, Gent ant Brussels. Pertimbangan waktu yang terbatas, jadi lah kita hanya berkunjung ke 2 kota yaitu bruges dan Brussels. Waktu tempuh dari Antwerp ke Bruges sekitar 2 jam menggunakan mobil, pernah denger sih, bisa pakai kereta juga kesini. Bruges ini masih sangat kental akan kesan pedesaan Eropa, kalau aku sihh sukaa bangets. ^^ Dari segi feeling, tempatnya yang super cantik dan atmosphere yang beda gitu dibanding kota-kota yang lain. Kalau kalian lelah dengan suasana kota di Eropa yang hampir mirip-mirip, coba deh mampir ke Bruges... ^^

Setelah baca-baca, kota Bruges ditetapkan sebagai salah satu world heritage site oleh UNESCO lho, keliling kota yang nan indah nan cantik dan sejenak melupakan beban hidup, sungguh indahnya hidup ^^, Alhamdulillah.
Karena kami mau moving ke kota lain, jadi kami hanya 4 jam stay di Bruges, titik pointnya di Mennewaterpark dan Begijnhuisje,
Begijnhuisje adalah sebuah museum yang bersisi sejarah bagaimana penduduk Bruges hidup di abad 17 dan 18. Tapi aku engga masuk ke museum, kami hanya sight seeing di sekitar area ini dan jalan berkeliling di sekitarnya. Ini aja udah cantikk banget g ketulungan. hahha *lebay hehhe

Ahhh agak nyesel sih, seharusnya lebih lama disini. InsyaAllah semoga di berikan kesempatan berkunjung ke Bruges lagi (suami juga sangat mengangumi tempat ini), kayaknya aku sama mas Riezqa sama gitu, prefer yang "desa-desa" hahha.

Lorong jalan di Bruges

Salah satu toko mainan di daerah minniwater

Suasana rumah makan di Bruges

Salah satu attractive yang hanya di Bruges: menaiki bout menyusuri kota Bruges

Ada yang pose ^^

Tenang dan cantik itulah Bruges

Suasana di sekitar Begijnenhuisje (1)

Suasana di sekitar Begijnenhuisje (2)

3. City of Brussels
Setelah dari Bruges, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Brussels, Ibu Kota dari negara Belgia. Kurang lebih butuh waktu 2 jam untuk sampai di Kota ini dari Bruges pakai mobil yaa. hehhe, Kesan pertama, jalannya ternyata cukup rumit, mas Riezqa kesasar 2 kali, hahha terlalu banyak tunnel (terowongan) yang kalau udah salah ambil jalan, muternya jauhnyaa. hahha Kayaknya emang kota gedheee beda ya hehhe. Kalau boleh saran sih, misal kalau mobile nya pakai mobil dan mengandalkan GPS, perlu banget double GPS, jadi pakai GPS mobil dan GPS di HP. Dulu pernah aku bahas, kita bisa pakai offline map --> namanya MAPS.ME, kalau ada yang online akan lebih bagus. Apa bedanya offline dan online maps kalau di HP, kalau yang online dia bisa ngasih tau batas kecepatan dan rambu-rambu di jalan, tapi kalau yang offline dia engga sampai yang sedetails itu, tapi sangat membantu bangetssss..!!!

Jadi kan aku seringnya jalan kaki, walaupun pakai mobil juga, biasanya aku ngecheck dulu dari maps.me kira-kira jauhnya gimana setelah aku dapet namanya dari google (saat connect internet di hotel) dan cari parkiran nya yang disekitar situ, kalau udah tau lokasinya dan tempar parkirnya, baru dipindah ke GPS mobil. hehhe Tumben ya aku details, hahha tapi mungkin aku bakat jadi travel guide, khusus jalan-jalan, aku bisa detail cuy.. hahha

Pertama kali yang terpikir di Brussels adalah cari masjid, denger-denger di Brussels ada beberapa masjid gedhe. Lalu cari di maps.me, nemu deh namanya " Grande Moosquee de Bruxelles", kapan lagi kan nyobain sholat di Eropa hahha #lebay banget ya, maaf ya kealayan saya.. ^^
Dan ternyata lokasinya di salah satu taman kota yang bernama Cinquantenaire. Kebetulan yang sangat indah kan ya.. ^^ Lalu kita berjalan-jalan di taman ini dan tak lupa foto-foto dikit. hehhe

Sejatinya di Taman ini, selain ada masjid juga ada Military museum, Art&history museum, dan Autoworld musem. Jadi kalau temen-temen emang suka berkunjung ke museum, berkunjung ke Eropa mungkin jadi sangat-sangat menyenangkan karna museum apa aja ada disini. hehhe Aku engga tau, bayar engga museumnya, karna aku engga masuk dan emang udah sore jadi sudah tutup. hehhe

Grande Moosquee de Bruxelles

The triumphal arch

taman yang cantik dan awan yang biru ^^

Karna sudah jauh-jauh ke Brussels, yuks sekalian mampir ke Royal palace of Brussels, pinginnya sih ke  Grand Palace, entah kenapa kog bisa kesasar disini lupa. hahha Pingin ke Grand Palace cuma karena aku baca cerita orang di facebook group traveler, katanya ada waffle enak banget disekitar Grand Palace. hahha *lagi-lagi korban media sosial. Tapi ya udahh dehh, ngikut aja hahha
Kegiatannya, kita parkir di depan gedung ini lalu berjalan ke arah belakang istana dan cari makan. hehhe Lalu kita menemukan Monts des Arts, salah satu tempat bersejarah di Brussels.

Royal palace of Brussels (1)

Royal palace of Brussels (2)

Monts des arts di Sore hari

Monts des arts di Malam hari

Terimakasih sudah membaca hinga tetes terakhir, hehhe
Semoga bisa bermanfaat.. ^^

1 comment:

1. This comment has been removed by a blog administrator.