Wednesday, June 21, 2017

GEDUNG NDALEM TJOKROSOEMARTAN ["NIKAH MAHASISWA" PART I]

SERBA-SERBI PERNIKAHAN
adat Solo Putri 
di Graha Niekmat Rasa/ndalem tjokrosoemartan
Laweyan, Solo


Haiii semuanya,
Habis buka foto-foto pernikahan jadi pingin nulis cerita persiapan pernikahan kemarin, yang serba cepat dan Alhamdulillah lancar. Proses persiapan hanya 2 bulan pemirsaaaaaaa, "deal" nikah bulan Juni, Agustus nikah dehhh. ^o^

Sebelum aku bercerita panjang lebar,
Dewi dan mas Riezqa mengucapkan terimakasih atas bantuan semua pihak yang membantu persiapan pernikahan sampai acaranya berjalan lancar, keluarga besar kami, tetangga, sahabat kami beserta tamu undangan yang sudah hadir memberikan doa restu kepada kami, saking banyaknya tidak bisa disebut satu-satu disini, yang pasti kami sangat berterimakasihhh dan sangat tersentuh. Kami juga memohon maaf jika ada hal-hal yang tidak menyenangkan hati saat acara pernikahan kami, misalnya makannya tidak sesuai selera, atau kurang banyak, atau mantennya kurang kece.. hehhehe. Ini beneran, kami mohon maaf jika ada yang salah.


Mba dan mas penganten ^o^


Ringkasan acaranya:
Akad dan Resepsi
Tanggal: 20 Agustus 2016
Tempat: ndalem Tjokrosoemartan (Graha Niemkat Rasa) Laweyan, Solo
Rias penganten: dianworomake_up (instagram link) 
Rias keluarga: Ladypon_MUA (instagram link)
Catering: Niekmat rasa (paketan gedung)
Photo:
    - Paket Gedung
    - Inlight_photowork (instagram link) --> tambahan
Pengantinnya: Dewi Kusumaningrum dan Riezqa Andika
hahhaha penting banget ya disebutin, iya dong biar jelas!!!! ^o^

Ceritanya dimulai dari mana yaaaa......
Detail persiapan pernikahannya nanti dibahas di post yang lain yaa ^o^ ditunggu yaaa....

Awalnya, aku dan mas Riezqa menginginkan acara sederhana saja di rumah (akad dan pengajian), namun karena kita memiliki keluarga yang besar, akhirnya kita putuskan untuk mencari gedung. Biasanya kan prosesnya, orang tua bertemu alias rembukan, lamaran, cari gedung, acara nikah.
Kalau ini kebalik: cari gedung dulu, lalu orang tua bertemu dan lamaran tanpa calon-calon mantunya karna semuanya di Korea, lalu nikah. Aku dan mas Riezqa datang 1 minggu sebelum hari H, jadi hampir semua persiapan pernikahan yang mengurus keluarga yang di Solo. Tapi, aku kan yang mau nikah nihh, jadi beberapa hal yang bisa aku handle dari jauh, bagian aku seperti rias manten, seserahan, dan hal-hal kecil lainnya.

Jaman dulu kalaaaa (alay mode on), pinginnya sih kalau nikah yang ada konsepnya, ada tema nya, pinginnya di gedung wanita, dan banyak banget pinginnya. Tapi ada daya, dengan waktu persiapan yang sangat terbatas dan begitu juga dana terbatas (dana mahasiswa) hehhe, sudah dapat gedung dan acara nikah lancar saja, kami sudah bersyukur. sudahh buang jauh-jauh segala mimpi pernikahan ala putri Solo...hehhe adanya pernikahan putrinya bu Wawa.

Ndalem Tjokrosoemartan (Graha Niekmat Rasa) Laweyan

Saat sudah ada keputusan nikah di gedung, langsung deh, langsung menentukan di ndalem Tjokrosoemartan aja ya, yang deket dari rumah dan bagi tamu-tamu undangan dari luar kota ataupun tetangga juga gampang kesananya dan satu lagi, karna kami pinginnya engga terlalu banyak tamu, jadi kita pilih gedung ini karna kapasitasnya yang tidak terlalu banyak (kira-kira 800 kursi)-->pas dengan kebutuhan kami.

Awalnya sudah hopeless, dapet engga yaa gedungnya, karna memang bulan Agustus adalah musim nikah. Langsung deh siangnya, tanya untuk weekend di minggu itu, ada yang kosong engga, dan Alhamdulillah ada yang kosong, sabtu pagi tanggal 20 Agustus 2010, langsung deh DP untuk fix tanggal. Kalau engga salah DP nya 2,5 juta aja.
Ndalem tjokrosoemartan ini salah satu bagian dari niekmat rasa grup, jadi kalau kita pakai gedung ini harus udah paketan sama makanan/catering niekmat rasa. Intinya sih kita bayar makannya, gedungnya gratis. Kalau paketannya include apa aja tergantung paket yang kita ambil yang mana.
Gambar dibawah adalah foto paket yang ditawarkan oleh si Gedung.

Aku besarin biar kelihatan: Paket Pernikahan di ndalem Tjokroseomartan [hal 1]

Aku besarin biar kelihatan: Paket Pernikahan di ndalem Tjokroseomartan [hal 2]

Aku besarin biar kelihatan: Paket Pernikahan di ndalem Tjokroseomartan [hal 3]

Lalu 2 minggu setelahnya, kita fix paket yang mana yang mau dipakai. Kami memilih yang Paket Wahyu Tumurun (VVIP) yang racikan.
kenapa??????
karna sudah komplit semuaa, alias engga mau ribet karna engga ada yang ngurusuin. Ada beberapa bagian yang aku tambahin seperti souvenir dan photo, namun tetep pakai semua paket. sayang kalau engga dipakai, engga ada refund. Kalau mau ganti vendor, kurang tau sihh, ada charge atau tidak, kalau kemarin sih tambah foto engga ada charge apapun.

Kalau di Solo, kita lebih familiar sama racikan, entah mengapa, aku juga kurang sreg kalau standing party, karna walaupun ada tempat duduk, kebanyakan tamu, kalau makan juga berdiri (saya juga begitu masalahnya) hehhe. Jadi kita pilih racikan saja, tamunya duduk manis dan makan, mantennya foto-foto ya.

Seingetku, kemarin kan acaranya dari pagi sampai siang, kita akad juga sekalian di gedung ndalem tjokrosoemartan, kena charge 500ribu, dan kita juga pesan makanan untuk yang hadir di acara akad kami. Kalau mengadakan acara pernikahan, lebih baik jika dana persiapannya sedikit dilebihkan karna banyak dana-dana yang tak terduga. 
Jadi akad mulai jam 8.00 pagi dan resepsi mulai jam 10.00 - 12.00 siang, singkat dan padat.
Untuk dekorasi akad nikah, udah pasrah aja sama pihak gedung. hahha engga mikir sampai sedetails itu aku-nya, jadi cuma meja ditata di tengah gitu aja.

Penataan meja dan kursi untuk akad


Review nya.....

1. Gedung : lumayan lahh, cantik, mungil dan jawa banget, interior di dalem gedungnya cantik dan menurutku tanpa kita banyak merubahnya udah oke buat acara. Ini kalau versiku lho ya.

Suasana di gedung bagian tengah

Suasana di dalam gedung

Banyak spot foto yang oke di dalem gedung, jadi setelah akad nikah, ada sesi foto bentar di beberapa bagian gedung yang menurut mas fotografer cantik hehhe





Lalu untuk ruang rias ada 2 jadi 1 dipakai untuk keluarga inti dan yang 1 lagi bisa dipakai untuk keluarga besar lainnya. Jadi kalau temen-temen pakai 2 MUA, bisa banget , jadi tiap MUA punya ruangannya sendiri. hehhe
Lalu toiletnya cukup bersih, dan engga begitu penggap dan sumuk sih. Aku pribadi dengan baju yang heboh aja engga terasa gerah.

Kekurangannya mungkin bagi tamu undangan karena pakirnya harus di badan jalan. 
Dan kalau dipakai lebih dari kapasitas mungkin akan terasa penuh, karena emang kecil sih tempatnya hehhe

Menurutku panggungnya terlalu pendek dan kurang lebar, jadi kalau foto berbanyak, nanti tamu paling depan pojok, ikut ke foto. Kalaupun mau pakai gedung ini, mungkin nanti bisa dikomunikasikan sama penata meja dan tukang fotonya. Biar fotonya tetap kece badai dan oke-oke hasilnya. Karna untuk minta panggung di naikkan engga mungkin, ya solusinya cuma 2 yaitu minta nata kursinya agak di jauhkan dari panggung jadi biar ada space yang cukup atau minta fotografernya untuk mengotak atik posisi biar hasilnya bagus. Lihat di foto pertama, ada bagian tamu yang ikut terfoto, hehehe bener-bener engga oke kan ya, kecuali fotografer mau mengedit ya ga papa. Tapi kalau di Foto ke 2 ketika fotografer ambil angle nya bagus ya hasilnya oke banget. hehhe

contoh foto yang berbanyak dan kurang bagus

Karna jarak antara panggung dan tamu yang pendek, si maksimal lebar jangkauan foto juga terbatas.

2. Makanan : cateringnya--> enakk kalau kata keluarga gitu, trus penataannya juga cantik.

3. Dekorasi : udah lumayan lahh (tapi engga bisa minta yang macem-macem)-->Jawa banget jadi kalau temen-temen pingin yang bertema, atau shabby chic yang kekinian, ya mungkin harus ambil vendor dari yang lain.

4. Photo dan video shooting: kalau dari pihak gedung, mereka pakai Irawan video: hasilnya sihhh engga terlalu memuaskan kalau dari aku, apalagi videonya, hahha bikin ngakak, namanya yang dipakai NINGRUM dan ANDHIKA, namanya mas Riezqa salah, yang bener engga pakai H, lalu penggalan namaku juga kenapa engga DEWI dan RIEZQA kayak di undangan. hehhe biarlahh sudah berlalu. Nanti dibawah yaa di bahas untuk vendor tambahan yang aku pakai (INLIGH Photo). bocorannya sukaaa ^o^.
Kalau dapet saran dari temen, katanya mending pakai wedding clib aja, jadi video modern gitu yang isinya seluruh proses pernikahan kita tapi saat lihat-lihat harganya engga ada yang santai harganya bekisar 5-6 juta. Saat lihat-lihat bugdet mahasiswaku, ya sudahlahhh, foto saja cukupp yaaa...

5. Undangan : Undangan dari Bara offset, kalau di Solo, sepertinya Bara ini lumayan (deket rumah) hehhe, kami pilih warna merah tua, biar elegan ceunah,.hehhe. Hasilnya kayak gini... prosesnya juga engga terlalu lama, dan engga molor-molor.


Cover

Undangan Dewi dan Riezqa

6. Souvenir : Souvernirnya milih pisau buah alasannya biar bermanfaat aja. Nikahan ini bener-bener bukan pernikahan jawa yang semua ada makna tersirat . Kami hanya ingin apa yang kita hidangkan dan berikan ke tamu agar bermanfaat. Serta kami mohon doa restu yang tulus untuk keluarga kecil kami,.......hehhehe "beneran kalau yang ini". Selain pisau buah, karna kakak ipar kerjaanya di perkulitan (kulit sepatu, tas gitu yaa) jadi ada tambahan souvenir --> gantulan kunci

Souvenir 1

Souvenir 2


Next post...PART II RIAS PENGANTIN DAN INLIGHT FOTO ^0^
Klik disini 

11 comments:

  1. Hallo kak. Ini part 2 nya mana ya. Mau baca nih

    ReplyDelete
  2. https://dewikusumaningrumm.blogspot.kr/2017/06/nikah-mahasiswa-part-ii-rias-pengantin.html
    Disinii ^^

    ReplyDelete
  3. Halo mb dewi hahaha
    Aku baru nyari2 ttg nikah di solo terus ada ini di halaman pertama google hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaha jadi malu na,
      aku juga mau ke jinhae lhoo tanggal 7. ^^

      Delete
  4. Mbak Mau tanya dong, itukan kalau di foto kece badai, asli nya seterang itu ga perlampuannya? sama toilet dan fasilitas lainnya seperti ruang buat ganti nganten dan ruang tunggu keluarga bersih ga ya? makasih ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya lampunya biasa aja mba, mungkin bisa request untuk lebih terang atau disesuaikan sama temanya. Untuk toilet dan ruang riasnya bersih. ^^
      Dan mungkin siang dan malem agak beda ya, saya waktu itu siang mba acaranya.

      Bisa survei dulu mba, mungkin lebih baik. hehhe

      Delete
  5. Total budget habis berapa mbak yu

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih, Artikelnya sangat bermanfaat.
    Oh ya sekedar informasi, bagi yang membutuhkan Jasa Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk berbagai event yang akan diselenggarakan bisa hubungi kita Arthur Teknik.

    Salam Blogger Min.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Total Pageviews

Followers