Thursday, August 31, 2017

SERBA SERBI PERSIAPAN PERNIKAHAN, INSPIRASI SESERAHAN ["NIKAH MAHASISWA" PART III]

Haiiiiii,

Assalamualaikum teman-teman,
Masih lanjut nih cerita tentang serba-serbi pernikahan ala bu Dewi
^o^

Apa saja sihh yang harus kita siapkan menjelang pernikahan? pasti banyak banget yaa, apalagi yang langsung handle semuanya sendiri, pasti kebayang dehh betapa repotnya, sering juga lihat temen-temen yang stress nyiapin pernikahan, semangatttt...!!!!! 
tapiiiiii, jangan dibikin sampai stress ya, dinikmati ajaa, dikerjakan satu-satu, dibikin dulu jadwalnya dan list apa saja yang harus dilakukan, jangan kemrunsung..

Walaupun aku tidak menyiapkan semuanya sendiri tapi lumayan lahh, ada beberapa hal yang aku handle sendiri misalnya bikin website undangan pernikahan, survei rias pengantin, sama bikin seserahan. hahhaha engga banyak yaa, tapii ya lumayan lahh yaa...dengan persiapan jarak jauh ini, bisa dibilang cukup sukses. ^o^

1. Wedding plan list
Wedding plan ini kayaknya penting banget sihh untuk temen-temen yang handle semuanya sendiri artinya engga pakai WO. Di wedding plan ini kamu wajib menyertakan To Do list step by step, list anggaran dan kebutuhan detail untuk minimalisir pengeluaran yang tidak terduga dan juga biar kamu juga merencakanan acaranya gimana sesuai anggaran yang tersedia (kalau menurutku sih, yang penting jangan dipaksakan, artinya disesuaikan dengan kemampuan kantong kita), survei vendor (survei ini penting banget sihh, selain bisa membandingkan harga juga bisa dicek dulu kualitasnya, sesuai tidak dengan harganya, dibaca-baca reviewnya), lalu yang terakhir timeline dan checklist (bagian mana yang mendekati deadline dan harus segera dikerjakan, checklist yang sudah dikerjakan). Ohh iya format wedding plan ini, banyak tersedia di google, atau bisa juga pakai template dari excel (langsung pakai). ^o^

2. Undangan online
Untuk temen-temen yang pingin nyebar undangan online, selain dengan mengirimkan softcopy undangan juga bisa pakai website untuk undangan online kamu, contohnya seperti ini,

http://rzqandika.wixsite.com/dewiriezqa (bisa dilihat disitu contohnya)

Websitenya engga terlalu bagus sihhh tapi ya lumayan lahh, hehhe (yang bikin akuuu). Untuk website yang bisa bikin website secara mudah dan gratis ada beberapa selain bisa pakai wixsite, knot, silakan disearch sendiri yaa, wixsite punya banyak template dan sangat mudah diedit, kalau punya domain bisa langsung diganti, jadi wixsite nya engga muncul alias langsung .com.
Kalau yang gratisan kayak eike, yaaa masih muncul wixsitenya. hehhehe


3. Seserahan
Seserahan..bagian yang paling aku suka, karna hampir 80% semua done by me. Awalnya untuk seserahan, orang tua nya mas Riezqa tanya dulu apakah keluargaku tipe yang pakai adat dan harus ini harus itu engga. Dan saat aku tanya keluargaku, ibuku malah ketawa, apaa yaa (maklum, beliau bukan orang jawa tulen, jadi ya gitu keluargaku, suka2) hehhe, ibukku bilang ya apa ajalah yang penting pantes dan kepakai alias bermanfaat. Baruu dehh aku mulai search apa aja sihh yang biasanya barang dipakai untuk seserahan.
Kalau kata temen-temen, ada yang bilang kalau seserahan itu ada artinya lhoo, trus ceritanya panjang deh..tapi semua balik lagi ke kepercayaan dan keyakinannya gimana ya. Kalau aku pribadi, engga terlalu memasalahkan seserahan, yang penting isinya bermanfaat dan pantes kalau dilihat orang lain ^o^

Setelah nglist barang-barang yang buat seserahan, lalu kepo-kepo tempat beli kotak seserahan dan instagram jasa-jasa seserahan. Setelah sibuk mengkepo'i instagram nya, harganya engga ada yang sesuai budget. Jadi ada ide untuk nata sendiri aja, dengan ketrampilan terbatas serta waktu yang terbatas, jadi harus bener-bener direncanakan. Sebelum pulang, aku udah nyari-nyari inspirasi bentuk mau gimana kotaknya, udah ngitung mau berapa kotak, survei tempat beli kotak. Kalau isinya seserahan, udah aku cicil beli di Korea, dan ada beberapa beli di Indonesia dan dibeliin sama Ibu Mertua ^o^

10 hari sebelum hari H, aku baru mendarat cantik di Jakarta, keesokan harinya langsung cuss ke mayestik buat beli kotak seserahan. Harga kotak seserahan engga mahal banget sihh, tergantung pilihan kita, tapi engga semahal kalau kita pakai jasa. Karna aku yakin bakalan kurang rapi nata pakai plastik (bukan ahlinya), jadinya aku milih yang ada tutup mika nya. Pilihannya ada beberapa, bisa juga yang model kotak wallpaper, kotak kayu (super mahal), dan ada anyaman.

Setelah keliling dan membandingkan harga di tiap toko dengan cepat, aku jatuh cinta sama kotak anyaman ini. Awalnya ku kira kan mahal yaa, ternyata setelah tanya harganya engga terlalu mahal. hehhehe
Saat pertama kali lihat, udah mikir wahh ini bakal unik dan cantik. Lalu fix beli itu dan mika nya sekalian, dapet harga 45.000 atau 35.000 (rupiah) per kotak atau lebih murah yaa, agak lupa tapi engga mahal kog dan aku  minta bonus pita dan bunga dari rotan. hehhe maklum ibu-ibu maunya murah bagus. (lihat gambar: penampakan keranjang anyaman)
                                                                       
Keranjang anyaman dan sampingnya ada tutup mikanya

Awalnya, ibu mertuaku agak worry, "kamu beneran bisa wi?" insyaAllah bisa bu, dulu pernah natain punyanya mas. "Ooo ya udahhh (dengan muka pasrah)", dan aku hanya tertawa (dalam hati, bisa engga ya). hahha Lalu keranjangnya aku bawa ke Solo pakai mobil.
H-7 sampai juga di Solo, saatnya memulai semua kerjaan yang belum terselesaikan. Saatnya menghias seserahan hehhehe, biasanya aku hiasnya saat malam atau pahi karna siang-sore (waktunya mainnnn) hahha, maklum ya bang toyib.

Gampang banget bikinnya, aku hanya pakai kain, kainnya juga dari bahan-bahan punya nya mbakku (mbakku punya bisnis online jual baju add ya @nareswari_fashion),
Kainnya ada kain velvet (biar kelihatan mewah), kain brokat, dan aku pilih kainnya yang warna soft cream gitu, biar telihat mewah dan anggun. Karna warna keranjangnya udah tua, jadi pilih warna kainnya yang soft. Dan aku beli beberapa tambahan hiasan bunga imitasi di kembang emas (solo).
Sejatinya aku pingin pakai rumput imitasi gitu, tapi ternyata mahal dan sayang mau buat apa nanti si rumputnya. Kalau si keranjang, alhamdulillah masih bermanfaat, kalau ada saudara yang nikah, dipakailah si keranjangnya dengan syarat nanti dikembaliin ya mas (kata ibuku) hahha.
Dan ini lahhh beberapa foto hasil karyaku... ^o^ Nanti kalau udah pulang ke Indonesia, mau mencoba serius ke usaha ini sepertinya juga menyenangkan ^o^


List seserahan versi Bu Dewi per box nya:

1. Emas Kawin nya aku berupa emas murni, ini aku tata di atas kotak yang aku beli dan di taruh di dalem kotak perhiasan yang Professorku kasih. hahha
Seserahan emas kawin


2. Seperangkat alat sholat,
Ini isinya mukenah dan sajadah, karna sajadahnya udah tebel, jadi engga perlu di sumpel sama kain lagi hehhe. Sajadahnya aku tata biasa di bawah, lalu mukenah nya aku bikin seperti bunga. Entah lahh jadi engga bentuknya..hahhaha Cara membuat bentuk bunga ini caranya banyak banget di google dan youtube. 

Seserahan seperangkat alat sholat
Kalau dilihat dari samping


3. Set sandal dan dompet
Ini sebenere lebih ke di pas-pasin sama jumlah kotaknya. hahhaha Tapi kalau dibikin tema, tema nya ke perlengkapan jalan-jalan, jadi isinya sandal santai sama dompet. hehhe, Biar posisinya keatas seperti di gambar, aku tata kain dulu dan alasnya pakai kain velvet atau satin juga bisa, Lalu tinggal sandal dan dompet nya di tata di atas nya. Biar posisinya fix, engga berubah saat dibawa-bawa, ditempel sama double tip ke kainnya.


Isinya sandal sama dompet

4. Sepatu formal
Rencananya sih sepatu formal, hahha karna statusnya aku masih mahasiswa, ciee mahasiswa hahha dan aku engga suka flat shoes dan sejenisnya, maka aku ganti type kayak gini. hehhe Proses penataannya sama kayak sebelumnya..
Karna ukuran si box nya engga gedhe jadi perlu dipikirkan dari awal saat menentukan jumlah box dan sesuai keinginan sih. Apakah temen-temen suka yang rame dalam 1 box atau suka yang simple aja dalam 1 box, tapi efeknya bakal perlu banyak box nya.

Isinya sepatu kerja


5. Skincare dan bodycare
Rencana awal, skincare sama bodycare ingin aku pisah, tapi ya udahh karena jumlah box nya mefettttt hehhehe dijadiin satu dah. Karna digabungin, jadi terlihat penuh dan lumayan berat. Padahal saat aku beli skincare dan bodycare, beli se-set biar warnanya seragam dan cantik. hahha

Isinya skincare sama bodycare


6. Sprei
Nata sprei ini yang paling bikin mikir, hehhe, sprei nya ukurannya gedheee banget dan berat sedangan si size box nya minimalis. Pinginnya dibentuk macem-macem gitu dah, tapi sulittt, ending nya cuma di tumpuk rapi aja deh. hehhe
isinya seprei
6. Tas cantik
Karna aku sebelumnya engga pernah punya tas cantik, hehhhe ya minimal punya 1 lah yaa setelah nikah, kan katanya udah dewasa hehhehe. Tas nya aku belinya di Korea, tapi belum pernah aku pakai sampai sekarang.

Tas cantik untuk seserahan


Seserahan lainnya udah engga nemu fotonya, hehhe maaf yaaa....
Untuk seserahan pada umumnya untuk orang jawa, biasanya tambah berbagai makanan, jadah, wajik, buah-buahan, snack-snack, parcel, dll. Kalau untuk bawaan tambahan, semua yang handle dari pihak keluarganya mas Riezqa. hehhe

Sekian cerita dari aku tentang serba serbi persiapan pernikahan ^o^
Makasih banyak udah mau baca tulisan ini.




5 comments:

  1. MBA keranjangnya beli dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Mayestik mba, coba jalan-jalan kesana banyak banget pilihannya ^^

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Total Pageviews

Followers