Friday, June 29, 2018

BEAUTY: TREATMENT UNTUK MENGATASI KULIT KERING YANG SAMPAI BIKIN IRITASI

Assalamualaikum teman2,

Udah lama ya engga posting nih, hehhe
Kali ini aku mau cerita pengalamanku tentang mengatasi kulit kering parah. Parahnya gimana? sampai perih dan iritasi merah, menonjol dan kasar. 

hmmm
Kenapa kulit bisa kering? 

Salah satunya mungkin bisa karena faktor bawaan, bisa jadi juga kerena faktor lingkungan misalkan tinggal di daerah yang kelembaban udaranya rendah. Tinggal di negara empat musim, pada musim-musim tertentu seperti musim dingin, fall dan menuju spring, kulit pasti jauh lebih kering daripada musim panas kenapa? karna kelembaban udara yang rendah memaksa kandungan air di kulit kita menguap sehingga kulit kita akan jadi lebih kering. Selain itu, kulit kering bisa juga karena penggunaan skincare yang mengandung chemical tertentu misal "alkohol" yang bisa membuat kulit menjadi kering. Ohh iya sampai lupa, seiring dengan bertambahnya umur, biasanya juga kulit berubah menjadi kering. hahha so dry skin is one sign of aging.

Struktur kulit normal skin vs dry skin (Source: google)

Cara mengatasi kulit kering ini ada beberapa caranya, bisa dari gaya hidup, makanan dan pastinya bisa dengan bantuan penggunaan skincare. Disini aku akan bahas mengatasi kulit kering dengan skincare ya. Ini step-step yang aku lakukan saat kulitku bener-bener kering parah dan butuh pertolongan pertama. Biasanya aku cukup membutuhkan waktu 2-3 hari lah untuk recovery dari kering parah dengan ngikutin step-step ini.

1. Mengurangi frekuensi penggunaan sabun muka, 
Jadi aku biasanya cuma cuci muka pakai sabun muka di malam hari, setelah aku bersihin muka pakai cleansing water atau cleansing oil, bilas dengan air dan baru deh cuci muka pakai sabun muka. Pilihlah sabun muka yang cocok untuk kulit kering, jangan sampai salah beli sabun muka buat oily skin, makin kering nanti. hehhe

2. Pakai moisturizer
Kalau posisinya emang baru iritasi banget, hindari penggunaan produk-produk lain selain yang fungsinya moisturizer dan ingat hindari juga bahan moisturizer yang memiliki kandungan chemical yang engga baik buat kulit kering.
Kamu bisa check keamanan ingredient skincare di cosdna atau skincarisma

Jadi aku engga pakai toner atau serum yang aneh-aneh dulu. Aku cuma pakai moisturizer cream dan sleeping mask. Ini produk-produk yang aku pakai y. Khusus untuk kasus ini, ciee kasus hahha iyaaaa karna lagi iritasi kan harus lebih hati-hati ya. Dan inti penyelamat kulit kering adalah moistirizing. Yep terdengar sederhana ya. hehhehe

Night treatment
Aku paling banyak pakai kalau malem, karna muka becek dikit gpapa lahh juga buat tidur tapi dikit aja ya beceknya hahha, dan paginyaaa sungguh bahagia dengan hasilnya. hahhaha Aku pakainya gantian ya, hari pertama aku pakai sleeping mask+cream dan hari berikutnya aku coba cream dari Dr. G

- Sleeping mask
Kalau aku pakai sleeping masknya Hera yang Age Away vitalizing night mask. Sejatinya aku juga cuma punya yang travel size. hehhehe Menurut aku sih pakai merk apa aja gpa2 asal tadi syarat2 nya yang engga membahayakan kulit kering terpenuhi.


Tekstur dari Hera vitalizing night mask

Hera age away vitalizing night mask, tekturnya engga terlalu rich tapi juga engga yang ringan banget. Saat dipakai cepet meresap tapi masih meninggalkan dewy di wajah dan harumnya wangi. hehhe aku beberapa kali pakai ini engga pernah ada keluhan yang macem-macem. Btw kalau dibanding sama Laneige water bank, agak jauh sih. Laneige water bank kurang nampol kalau buat kulit kering menurutku. 

Ternyata pakai sleeping mask juga engga asal kalau emang tujuannya bua SOS kulit dehidrasi. Jadi pakainya 2 layer, pertama-tama, dioleskan ke wajah lalu pijat-pijat sampai terserap ke wajah, lalu pakai lagi si sleeping masknya sebagai layer kedua, terus lanjut tidur cantik deh.
Aku coba cara 2 layer ini dan beda banget rasanya dibanding dengan hanya 1 layer.


- Dr G barrier activator cream for dry skin and balm
Lalu hari berikutnya, aku coba pakai produk nya Dr. G. Saat Olive young promo, aku beli si Dr G barrier activator cream for dry skin dan dapet bonus travel size DR. G barrier activator balm. Pertama aku pakai balm nya dulu baru pakai cream nya. Hasilnya jangan tanyaaa....keceeee aku sehari pakai aja udah ngefek banget. Paginya muka ku udah mendingan engga terlalu kasar. #beneran inii
Tapi mungkin di tiap individu reaksinya beda ya.

Penampakan cream dan balm dari Dr G (balmnya kemasan travel kit ya)

Tekstur DR G yang balm, kayak balm nya oriflame tapi ini lebih ringan

Tekstur cream Dr G

Dr G barrier activator cream for dry skin, teksturnya ringan dan lembab sih di kulit langsung meresap juga, dan ini aman buat kulit sensitive. Tapi kalau yang lembab banget gitu juga engga. hahha pas lahh nyaman dipakai. Kalau yang balm, terksturnya rich banget namanya juga balm ya, aku cuma ngolesin ke daerah yang kering aja. Aku agak takut sih jadi greasy hehhe. Padahal ya engga, cuma engga suka feeling berat gitu aja sih di muka. 

Day treatment
Karena kalau pagi sungguh aku ingin yang cepat dan simpel, saat mukaku iritasi aku cuma pakai moisturizer creamnya dari Make Prem safe me dan Suncream dari IOPE.



Make prem safe me, teksturnya light dan mudah terserap, tapi hampir sama kayak cream Dr. G lembabin tapi engga yang berat gitu dan kudu re-apply karna engga yang tahan lama. Mungkin juga efek muka yang super kering juga bisa yaa. Ini cream sangat aman dipakai oleh semua umur, segala kondisi, mereka hanya pakai 12 bahan aja yang katanya sih aman. Tapi ingat ya jangan lupa dicek dulu aja biar tambah mantap kalau pas beli. Ingattttt hehhe kalau dirasa muka nya udah kering, pakai aja. Misal kalau temen- temen yang pakai make up, mungkin sedia mist toner penting buat melembankan sewaktu-waktu kalau kulit terasa kering.



Suncream IOPE,
Karena pakai suncream wajib, hehhe ya makanya pakai suncream hahha
Dia engga kering tapi juga engga bikin berminyak. Saat pertama kali di apply ke kulit ada effect white cast nya dikit dan setelah 1-2 menit udah menyesuaikan warna kulit.

Tulisan ini, berdasarkan pengalaman aku ya, aku engga meniru siapa-siapa dan engga ada reference-nya. hahha Hanya berdasarkan logika tumpul bu dewi yang memiliki ke-sok-tauan yang sangat tinggi. hahhaha

Temen-temen kalau mau sharing, ada pengalaman yang sama boleh dong komen. ^^
Makasih ya udah mau baca.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Followers