Sunday, February 17, 2019

TRAVEL: MENGEJAR HALAL FOOD DI KYOTO DAN OSAKA

Assalamualaikum temen2,

Hahaha
Jangan bosen yaa, ini mumpung masih onfire semangat nulis nya.

Di Part ini aku mau kasih list tempat makan Halal yang aku kunjungi selama di Kyoto dan Osaka.
Hahha

Kalau kata suami sih, liburan kali ini nurutin istrinya buat ngejar makanan. Hmmmm



Walaupun emang sudah aku rencanakan buat nyobain halal food di Jepang, tapi aku tetep manage budget liburan. Hehhe biar engga terlalu boros.
Jadi aku nge-set sehari sekali untuk makan di luar dan jajan-jajan makanan ringan. Budget kira-kira untuk per hari per orang untuk makan maksimal 2.000 Yen. 
Biasanya aku jadwalin makan di luar di jam makan siang, karna sekalian buat sholat jamak dhuhur-ashar. Tapi kadang kalau jadwal nya engga tepat, bisa makan malem juga. Alhamdulillah cari prayer room di Kyoto dan Osaka lebih mudah. Jadi kalau engga pas makan siang, bisa sholat dulu cari prayer room, baru deh malem nya cari makan di luar. Karna biasanya tempat makan di jam nanggung alias sore gitu suka tutup, jadi ini penting juga pastikan kapan dan jam berapa aja buka si restaurant nya, biar engga kecewaaa. 

Halal food di Jepang banyak ya? gampang gitu ditemuin? Engga juga, kalau engga cari dan usaha ya engga nemu. hehhe 
Ngomongin tentang Halal disini, ini menurutku penting banget, karena aku juga kebetulan tinggal di negara non-muslim (Korea) yang kondisi negara nya beti lah sama di Jepang, yang segala hal banyak mengandung unsur Babi dan alkohol hehhe. Jadi emang perlu ekstra hati-hati.
Lalu ayam dan sapi di negara non-muslim apakah lantas halal dan bisa dimakan? Tidak ferguso, hahha Ayam dan Sapi yang tidak disembelih secara aturan islam ya engga bisa disebut halal dan bisa dimakan, jadi intinya ayam dan sapi di Korea atau di Jepang pun sejatinya engga bisa di makan oleh muslim, kecuali ada Halal certificate nya. 
Lalu Seafood, seafood-pun di Jepang banyak menggunakan alkohol alias mirin dalam memproses nya dan bumbu-bumbu yang digunakan juga belum tentu bisa di konsumsi oleh Muslim. 

Lalu ada yang berceloteh? ahh mau makan ribet amat sih, hahha (dulu aku juga sering beginii, tapi Alhamdulillah sekarang udah lebih kalem sudah ada pawang nya hahha). 
Ya emang kita perlu berhati-hati dalam memilih makanan yang masuk ke badan kita, engga sayang kita udah berbuat baik, udah jalalin kewajiban-kewajiban sebagai muslim, udah di kasih rejeki buat jalan-jalan dan kesehatan. Tapi masih melanggar makanan cuma karena napsu manusia. cieeee... Tentang makanan haram ini banyak banget kajiannya, apa efek nya ke kita kalau masih memakannya, silakan di baca sendiri ya teman-teman.

Ada juga yang bilang gini, ya sudah lah yang penting engga makan babi dan alkohol...hahha ya pilihan hidup..... hehhehe

Apakah semua makanan yang kita makan harus ada lambang Halal nya?
Kalau menurutku pribadi, engga harus selalu ada lambang Halal nya, asal kita tau dan bisa baca sendiri di ingredient nya. Tapi kalau kita engga bisa baca trus gimana kita bisa tau itu bisa dimakan oleh muslim atau tidak. Ya kan.... Lalu kalau emang ragu-ragu, lebih baik ditinggalkan.
Di negara non-muslim cari snack atau makanan yang ada lambang halalnya susah banget, apalagi di Korea, tapi karena aku sedikit paham bahasa Korea jadi bisa baca dan milih-milih mana yang insyaAllah bisa dimakan dan engga. Dan banyak banget yang engga bisa dimakan oleh muslim. Kadang-kadang di makanan yang kita pikir ahh engga mungkin ada ingredient macem-macemnya eee ternyata mengandung gelatin babi lah, emulsifier dari sapi non halal, dll. 

Selama aku di Jepang, aku dan mas Riezqa selalu berusaha cari Halal restaurant yang bersertifikat,
kalau mau makan snack pun, aku cari dulu boleh engga nya dari Facebook HALAL JAPAN (ini pages bisa temen-temen follow). Untuk halal restaurant, aku cari dari berbagai sumber seperti Grup Facebook Backpacker International, Halal Navi (applikasi), Halal Gourmet (applikasi) dan Google (search aja namanya lalu akan muncul location, review, informasi, dll). Pertama-tama aku bikin list dulu Halal restaurant yang ada di Kyoto dan Osaka, lalu baru dicocok-cocokin sama jadwal dan lokasi. Karena aku budget-in sehari cuma 1x makan diluar nya makanya aku eliminasi beberapa. hehhe 

KIX Kansai Airport

1. The U-Don
The Udon ini restaurant pertama yang aku coba, hehhe jadi landing dari Daegu (Korea) langsung cari makan Halal. hehhe The Udon ini lokasinya di KIX Airport Terminal 1, lantai 2. Bisa di klik disini untuk informasi lokasi dan waktu buka-nya. 

Sertifikat halal yang ditempel di depan restaurant
Untuk menu nya, ada berbagai macam pilihan Udon, lalu tipe-tipe Odeng (kalau di Korea, hehhe) yang berkuah dan hangat semacam itu (lihat di foto ya..hahha) dan berbagai gorengan. 

Menu di The U-Don Kansai Airport

Side dish yang tipe berkuah

Side dish yang Gorengan ^^
Cara pemesanan:
- Jadi kita masuk di restaurant, lihat-lihat menu dan pesan dulu mau yang mana (lihat di menu nya, main dish nya pilihannya A sampai H).
- Lalu nunggu di tempat yang sama saat kita pesan, sampai pramusajinya ngasih pesanan kita
- Lalu geser jalan ke kanan, ada berbagai side dish dengan harga berkisar 250~an yen
- Setelah ambil side dish yang kita mau atau engga ambil juga boleh, lalu ke Kasir untuk bayar. 
Di Kasir ada free kriuk-kriuk remukan gorengan dan ambil minum sendiri juga.
- Lalu setelah makan, perlu di bersihin dan tempat makannya di kembalikan ke tempat yang sudah disediakan. ^^
  
Antrian nya: Pesan dulu di ujung Kiri >> Jalan ke ujung Kanan buat bayar

Tempat pembayaran, setelah pesanan diterima dan ambil tambahan sidedish
The Udon ini spesialis Udon, awalnya aku agak ragu mau kesini karna aku kurang suka Udon hahha Tapi karna penasaran dan kapan lagi nyobain, diputuskan untuk mampir deh. Ternyata ada menu nasi nya jadi nyobain menu nasi nya deh. Aku pesen menu H dan begitu pun mas Riezqa hehhe, plus 4 gorengan. Dan berakhir kekenyangan. hahhaha 
Untuk rasa sebenere engga terlalu yang whaoooo banget, efek lidahku udah terlalu Korea atau gimana kurang tau ya. hehhehe Tapi tetep layak dicoba lah, siapa tau udon nya enak karena mereka emang specialis nya di Udon.
Untuk 2 beef bowl dan 4 gorengan, habis nya 2.840 Yen. 

Pesenan aku dan mas Riezqa (di menu yang H)


Mas Riezqa in frame ^^
2. Sobijo
Kalau The Udon yang pertama, Sojibo adalah japanese food terakhir sebelum balik ke Korea. hehhe
Sojibo ini restaurant specialis Soba yang terkenal di kalangan local japanese juga. Lokasinya di KIX airport Terminal 1, lantai 3. Lokasinya pas banget kalau mau balik ke negara masing-masing, karena international department nya lantai 4 hahhaha. Untuk informasi lengkapnya bisa klik disini ya..

Halal certified dari Malaysia dan ada keterangannya kalau yang dijual bebas kontaminasi atau mengandung bahan yang non halal.

Penampakan Sojibo dari arah depan, deket banget sama eskalator yang mau ke Lantai 4
Untuk menu nya kebanyakan ya soba, hehhe ada yang set gitu sama nasi dan beberapa teman makan lainnya. Untuk harganya menurutku biasa aja, engga mahal dan worth it banget. hahha porsinya lumayan gedhe. Cek yaa menu nya....Ada yang single soba aja dan ada yang set. Lalu soba nya juga bisa pilih yang hot (panas) atau cold (dingin). Tenang, menunya ada dalam bahasa inggris. hehhe Cara pesennya:
- Nanti pramusaji nya ngasih menu ke kita,
- Lalu kita pilih-pilih dulu, kalau udah siap pesan tinggal angkat tangan aja sambil bilang excuse me.hahha
- Lalu pesen deh ke pramusaji nya, nanti ditanya mau soba dingin atau panas
- Duduk manis menanti pesanan datang
- Setelah selesai, bayar di kasir. (Engga perlu bersihin meja sendiri yaa...hehhe)

Menu full yang ditempel di luar (bisa di cek dulu kalau masih bingung ^^)

Menu yang aku pesen hahha
  
Side dish tambahan
Di Sojibo, aku pesen set with Chicken cutlet over rice in a bowl harganya 960 Yen (include tax) dan mas Riezqa pesen set with Jumbo Shrimp tempura over rice in a bowl harganya 1000 Yen (include tax).  Dan dapetnya buanyak sekali yaitu nasi+topping yang sesuai set, semangkuk besar soba, dan ada sayuran semacam sawi gitu. Untuk rasa menurutku dan mas Riezqa enak hehhe, dan Sojibo ini salah satu favorit nya mas Riezqa. hehhe 

Pesanan sudah datang ^^

Ada yang happy hahhaha.

KYOTO

1. Ayam Ya Karasuma Kyoto
Ayam-ya ini sudah terkenal sepertinya untuk halal food hunter, Ayam ya sudah ada di Tokyo dan Osaka sepertinya. Ayam ya adalah reataurant halal ramen pertama yang aku coba. hehhe. Selama di Kyoto aku mampir ke Ayam ya 2 kali. hehhe
Disini juga disediakan prayer room yang lokasi nya di depan rumah makannya, jadi sebelum mau pakai prayer room nya, kita perlu bilang dulu ke pramusaji nya. Ohh iya yang jual orang Indonesia, jadi gampang ngomong nya hehhe. Saat dateng yang pertama, semua yang di dapur dan pramusaji nya orang Indonesia. hehhe Tapi saat dateng yang kedua, ada orang Jepang nya satu di bagian pramusaji.

Pintu masuk Ayam-Ya (ada lambang halal certified)
Sebelum ke lokasi, better kita check dulu jam buka dan lokasi pastinya. Untuk Ayam-ya mereka buka 2x dalam sehari yaitu buka jam 11.30 am - 2.30 pm, tutup, lalu buka lagi jam 6.00 pm - 10.00 pm

Informasi yang aku dapet dari google

Ayam ya Karasuma Kyoto ini kayaknya baru, sebelumnya di Kyoto juga ada Ayam-ya tapi bukan di daerah Karasuma, aku check di Halal Navi.  Karasuma adalah nama daerah di Kyoto yang lokasinya engga jauh dari salah satu shopping center di Kyoto yaitu Kawaramachi.
Untuk cari lokasinya engga terlalu sulit, patokan gang nya ada Hollys Cafe lalu di gang pertama belok kiri, lalu rumah no 2 dari sisi kiri. Nanti di depannya ada blackboard menu Ayam ya, masuk di lorong gedung ketemu deh pintu masuk Ayam-ya Restaurant.

Bangunan depan Ayam-Ya Karasuma

Ada panduan nya dimana lokasi restaurant nya ^^

Menu Ayam-Ya yang dipajang di depan bangunan.
Cara pemesanan:
- di Ayam-ya pakai vending machine untuk pemesanan, jadi uang nya dimasukkin ke mesinnya, lalu pilih menu yang pingin kita pesen. (uang nya maksimal 1000-an)
- lalu ambil printing'an kertas (Tiket order) yang dari mesin dan ambil uang kembalian,
- Kasih printingan orderan (tiket) kita ke pramusajinya
- Kita tinggal duduk manis dan menanti orderan kita hehhehe

Ticket machine yang buat order

Menu yang ditempel di atas ticket machine

Untuk harrga menurutku wajar sekitar 900-1000'an bisa extra topping, bisa pilih size juga dengan extra fee juga. Harganya udah termasuk pajak yang tertera di menu. 
Ayam-ya ini pakai chicken broth, menurutku sih enak-enak aja. hehhe tapi mungkin kalau buat yang engga terlalu suka ayam yang berlemak gitu jadi agak gimana contohnya mas Riezqa. Tapi untuk rasa menurutku enak tapi belum yang enak banget hehhe
Karna mampir ke Ayam ya 2 kali selama di Kyoto, hehhe jadi aku sama mas Riezqa udah cobain ramen spicy nya berbagai versi dari salt, miso, dan soysauce nya. hehhe Dan juga nyobain curry Tsukumen, ini versi ramen yang kuah nya kental dipisah dan cara makannya di celup gitu ramen ke kuahnya dikit-dikit. Kalau aku pribadi sama mas Riezqa lebih suka yang ramen versi normal (berkuah) hehhe. Dan yang paling terkenal katanya karaage nya, ayam karaage selalu engga ketinggalan saat makan ramen, menurutku enakkkkk ^^ hehhe. 

Ramen spicy salt (best seller)
Curry Tsukumen + Karaage



2. Halal Ramen Gion Naritaya 
Gion area merupakan salah satu area yang sangat terkenal di Kyoto. Di daerah ini ada beberapa objek wisata yang menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur di Kyoto. Kalau aku pribadi, paling suka di Gion karena suasananya yang Kyoto banget alias kota tua yang feeling nya beda. hehhehe Tapi Gion area ini sangat gedhe menurutku, hahhaha kalau jalan sepanjang area ini yaaaa bisa lelah haha. Di Gion juga banyak banget restaurant dan tempat minum khas Jepang gitu, yang paling menarik salah satunya ada yang Halal. hehhe

Halal ramen gion Naritaya dari depan
Halal Ramen Naritaya terletak di area Gion yang sebelahan dengan Halal Yakiniku Naritaya. Tapi sayangnya aku cuma nyobain yang halal ramen naritaya aja hahha. Awalnya ada rencana next day~nya nyobain yakiniku, tapi karena temenku engga jadi join makan, ya udahhh aku sama mas Riezqa ganti rencana, makan ke Ayam- ya aja hehhe yang harganya pas di kantong. hihihihi

Halal certified ~ nya ^^

Tipe restaurannya yang dapurnya terbuka gitu, khas Jepang. 
Saat kita masuk di restaurantnya, ukurannya engga begitu besar, mungkin muat sekitar 15 orang, ada prayer room nya (kecil) dan kamar mandi. Saat kita masuk, langsung terlihat dapur dan meja single gitu kanan dan kiri dan diujung ada meja yang duduknya lesehan.
Untuk cara ordernya, biasa ajaa, engga ada yang khusus, langsung order ke pramusajinya, kebetulan saat aku kesana, pramusaji nya orang Indonesia. Tenang, untuk menunya sudah tersedia di meja masing-masing. Lalu menunya, menurutku menunya engga begitu beragam, namanya juga ramen restaurant yaa, hahha yaa paling banyak yang dijual ramen hahhaha Untuk harga standar hampir mirip dengan Ayam-ya.

Menu di halal ramen gion naritaya
Aku dateng kesana saat makan malem dan engga begitu rame. Jadi tanpa antri deh, langsung duduk, order, makan dan bayar. Kami order 2 ramen, 1 nasi teriyaki, dan set karagee dan fried dumpling. Tapi fried dumpling nya ternyata habis hahha maaf anda belum beruntung, jadinya diganti sama ayam karagee aja. Untuk rasanya menurutku pribadi agak jauh sama Ayam-ya, hehhe
Tapi soal rasa mah selera yaaa... ^^

Ayam karagee di Naritaya (harga 540 yen)

Ini soupless noodles (Harga 756 yen)

Ini soysouce ramen (Harga 756 yen)

Beef bowl M (918 Yen)
Siapa tau ada yang penasaran sama harga dan menunya yang Yakiniku, hehhehe
Kalau reviewnya sih layak untuk dicoba. Coba temen-temen cek di Halal Navi untuk cek review nya atau di google juga banyak yang review. hehhe

Dinner menu di jalal yakiniku Naritaya

3. Halal Restaurant Yoshiya Arashiyama 
Halal restaurant yoshiya ini terletak di daerah Arashiyama. Arashiyama juga daerah turis yang banyak pengunjungnya. Apa sih objek wisata nya? salah satunya bamboo grove, Togetsu-kyō brigde, monkey park, dll. Arashiyama salah satu favoritku juga, hahha tapi aku lebih seneng sama suasananya saat jalan menyusuri sungai nya. Kalau bamboo grove nya yang sangat terkenal itu aku biasa aja, hehhe

Google informasi Halal restaurant yoshiya

Jadi setelah capek dan lelah jalan-jalan di area Arashiyama ini, makan siang nya di Yoshiya Arashiyama. Selain makan siang, aku juga sekalian sholat jamak dhuhur dan ashar. Untuk ijin menggunakan prayer room, kita perlu bilang dulu ke pegawainya di bagian kasir restaurant, lalu pegawainya minta kita nulis data diri gitu, dan ngaterin kita ke prayer room nya. Lokasi prayer room nya berada di luar restaurant tapi masih di lingkungan Yoshiya. Jadi Yoshiya ini tuh kayak paket lengkap, gimana? hehhe depan restaurant ini merupakan toko oleh-oleh yang juga bernama Yoshiya, jadi saat cari si restaurant ini patokannya toko oleh-oleh Yoshiya. hehhe Lokasinya gampang kog ditemui, dari arah kopi arabica (%) lurus aja ke arah jembatan, lalu nanti akan ketemu toko oleh-oleh Yoshiya (kiri jalan), restaurant nya di belakang pas toko oleh-oleh ini. hehhe
Kalau saranku, mencari omeyage yang snack-snack yang kemasannya bagus dan layak, aku pribadi lebih suka saat belanja di daerah Arashiyama ini, karna saat di Osaka (Dotonbori) ruameee banget hahha jadi pusing.

Tampak restaurant dari luar

Halal Certified ~ nya ^^
Untuk menu makanannya, restaurant ini ada 2 menu yaitu menu halal dan menu biasa. Kebanyakan menu nya tipe set gitu, tapi menurutku sih pas banget apalagi buat makan siang. Range harganya juga sangat beragam, ada yang 5000 Yen sampai yang 950 Yen (sudah include tax). hehhehe Untuk harga, menurutku sesuai lah sama yang kita dapet. Ini salah satu favorit mas Riezqa hahha emang dia suka nya yang tipe nasi trus ada gorengannya. Btw, orang lokalnya alias orang Jepang juga banyak yang makan disini.

Menu 1 (special menu~nya)

Menu (2)

Menu (3) ~ set menu

Halaman terakir di menu ~nya
Aku pesen yang chicken cutlet set dan mas Riezqa pesen tempura rice bowl and soba set. hehhe Untuk rasa, menurutku sama mas Riezqa enakkkkk.. hehhehe Wajib lah dicoba kalau kesini, hehhe

Chicken cutlet set, harga 1400 Yen
Tempura rice bowl set, harga 1600 Yen
OSAKA

1. Halal Ramen Honolu
Halal ramen honolu, hehhe ini menurutku ramen terenak yang kami coba selama di Osaka dan Kyoto. Kuahnya rich tapi engga rasa ayam banget, gimana ya jelasinnya, ini kalau versi yang engga suka yang berlemak, bilang nya kuahnya rich tapi engga rasa lemak yang bikin enek. hehhehe
Ramen honolu sepertinya juga ada di Tokyo  dan denger-denger buka juga di Jakarta 😁. Semoga bisa mampir yang di Tokyo dan di Jakarta juga.

Untuk ramen honolu Osaka, lokasinya bukan di daerah yang rame, butuh waktu 15-20 menit jalan dari Nanba station (Osaka) ke
restaurant ini. Saat aku kesana, restaurant nya belum buka hahha buka nya jam 5.30 malem, aku dah sampai 10 menit sebelum buka..hehhe

Ramen Honolu Osaka

Kesan awal tentang restaurant ini kurang meyakinkan kalau dari penampakannya. Dari luar, restaurannya kecil gitu, dan saat kita masuk langsung terlihat dapur dan beberapa kursi aja. Kebetulan aja atau tiap hari situasinya begini aku kurang tau sih, restaurantnya cukup sepi, jadi sedih hahha.. lebay... 😅😆


Ramen honolu dari luar

Situasi di dalem restaurant
Pemesanannya pakai vending ticket machine, menu nya di tempel di sekitar vending ticket machine nya. Aku pesen yang high recomendation, karna no clues hahha
Dua menu yang high recommended adalah special rich chicken ramen dan spicy ramen.
Harganya standar ramen, hehhe
Sedih nya banyak menu yang sold out,
Saat kesana, engga ada yang part time, jadi hanya ada 1 chef yang melayani dan beliau orang Jepang, bahasa inggris nya terbatas jadi engga bisa banyak tanya. 

Vending ticket machine untuk pesen
Saat pesananku sama mas Riezqa dateng, dan mulai nyicip...wuahhhh enak yaa 😁😁
Aku pesen special rich chicken ramen dan spicy ramen, untuk special rich chicken ramen nya ada rasa minyak wijennya sedikit. Tapi sepertinya broth yang dipakai sama, kayaknya lhoo. hahha Enak lahhh...... ^^


Spicy ramen, harga 980 yen

special rich chicken ramen, harga 980 yen

Tambah sedih kan ya, ramen enak kayak gini kos sepi. Mungkin emang lagi engga banyak turis kalik yaa. Semoga restaurant ini banyak yang dateng, rame dan terus buka....jangan lupa wajib mampir kesini ya guys kalau ke Osaka.

2. Halal Ramen Naritaya Osaka
Halal ramen naritaya sama brand nya yang di Gion Kyoto, hahha awalnya agak ragu mau kesini, tapi kebetulan restaurant ini engga jauh dari penginapanku di Osaka dan aku kelaparan hahha jadi lah kita kesini.

Informasi yang diperoleh dari google


Tampak depan restaurant halal naritaya Osaka
Lokasinya berada engga jauh dari stasiun Shinsabashi, lokasi restaurant nya berada di lingungan perkantoran gitu, jadi masih agak rame, kalau dibanding lokasi nya si Ramen Honolu. 
Untuk menu nya, menurutku lebih beragam dibanding yang di Kyoto. Tempatnya juga lebih besar, dan saat kita kesana cukup rame yang berkunjung.

Special menu untuk halal wagyu

Menu (1)

Menu (2) spicy
Untuk cara pesennya biasa, langsung order ke pramusajinya. Saat aku kesana, ada 1 chef yang orang Jepang dan 1 pegawai yang berbahasa Inggris.
Aku nyobain yang halal wagyu yakiniku bowl dan mas riezqa nyobain spicy ramen nya (salah satu menu baru nya juga). Untuk seri wagyu nya, emang harganya lebih mahal dari ramen nya. Untuk rasa menurutku nothing special tapi ya enak aja. Kalau dibanding sama yang di kyoto, rasa nya lebih enak yang di Osaka. Karna sebelumnya belum sempet nyobain fried dumpling, kali ini aku nyobain dongs. 

Fried dumpling di Halal Naritaya Osaka

Halal wagyu yakiniki bowl, harga 1600 Yen

Spicy chicken ramen, harga 800 Yen

3. Chibo muslim friendly
Chibo special okonomiyaki, chibo ini juga terkenal untuk orang Jepang sendiri, dan terkenal mahal. Hahhaha khusus di dotonbori, mereka membuka khusus yang muslim friendly. Jadi chibo yang muslim friendly ada di lantai 7, sedangkan lantai yang lain untuk yang non-halal. Saat aku kesini, rame banget, baik yang non-halal atau yang mulsim friendly nya. Untuk info lebih lanjut, bisa dicek di sini, link facebooknya. Dotonbori adalah tempat yang sangat rame dan terkenal di Osaka, rameeeeeee banget hahha jadi kemungkinan besar, temen-temen kalau ke Osaka, mampir ke daerah ini. hahha

Daerah dotonbori, lautan manusia
Untuk makan di Chibo ini, aku butuh waktu tunggu kira-kira hampir 1 jam. Selama itu? Karna yang muslim friendly, tempatnya sangat terbatas, kayaknya hanya ada 3 meja dengan masing-masing kapasitas 4 orang plus ruang VIP yang diperuntukkan untuk reserved seat. 
Beruntung banget, aku ketemu salah satu pegawainya yang orang Indonesia saat menuju Chibo, jadi banyak banget dibantu dan engga perlu repot-repot jelasin ke pegawainya yang orang jepang 😅. Lokasinya dari perempatan dotonbori yang ada patung crabs nya, ambil kiri jalan aja....sampai menemukan Chibo (posisi kiri jalan), lalu ambil yang naik ke lantai 2, yang antri di lantai 1 untuk yang non halal. Setelah masuk di lantai 2 (tempat orang-orang bayar >>alias payment), nanti akan di arahkan untuk ke lantai 7 yang khusus muslim friendly, begituuu.. hehhe
Sebelum ke lantai 7, biasanya kita udah di kasih menu nya, jadi bisa check-check dulu, kira-kira mau pesen apa.

Chino diversity muslim friendly restaurant

Menu (1)

Menu (2)

Menu (3)

Menu (4)

Menu (5)

Untuk harga, hahha sejatinya ini yang termahal yang aku cobain selama liburan ini. Tapi emang rasanya enak sih.. hehhe
Awal lihat menu nya, sedikit kaget, wuaaa mahal nya (dalam hatiku) hahha tapi kalau masalah harga relatif ya, bisa jadi harga segini engga mahal buat temen-temen.
Harga yang gedhe belum termasuk pajak, tapi dikasih juga harga plus tax nya di bawah harga yang gedhe. hehhe Jadi kalau mau tau harga fix nya, lihatnya yang udah termasuk tax ya guys. hehhe

Tapi aku engga terlalu galau sih, karna emang tujuannya kesini nyobain okonomiyaki dan yakisoba nya. Jadi lahh aku cuma pesen 2 menu itu.  hehhe
Aku pesen yang hiroshima okonomiyaki sama chibo yakisoba nya.
Cara pesennya standar, setelah kita naik ke lantai 7, akan dikasih lagi menu nya dan order langsung ke pramusajinya.

Chibo yakisoba, harga 2160 yen (include tax)

Hiroshima okonomiyaki, harga 1782 yen (include tax)

Our dinner ^^ hahha 
Pesenan akan datang dalam kondisi udah mateng, jadi pan yang di depan kita fungsinya hanya untuk menjaga makanan nya tetep anget aja. Di meja disediakan juga beberapa saos jika ingin tambah, ohh iya dan ada saos pedas ABC hahha
Aku nyobain okonomiyaki nya (wajib lah ya) karna mereka specialis okonomiyaki jadi menu wajib yang dicoba dan nyobain Yakisoba semacam mie goreng gitu. Untuk Yakisoba nya menurutku B aja, lebih enak mie goreng jawa di Indonesia hahhaha.


Wuaaaaa.....
Panjang yaa ceritanya,
Mau dibikin 2 part tapi kog nanggung,
Makasih ya sudah mau baca, Semoga ada manfaatnya ya..hehhe
Silakan komen kalau ada kritik dan saran atau ada yang mau didiskusikan. ^^

1 comment:

  1. Kak, kenalin aku indri, anak kgsp graduate 2019, yg bakal kuliah bahasa di chungnam. Kak boleh minta contact nya gak, aku mau tanya2 info ttg chungnam khususnya utk kita yg muslim.

    ReplyDelete

Total Pageviews

Followers