Tuesday, December 17, 2019

KEIHAN's STORY: Treatment kulit bayi Dermatitis Atopik

Assalamualaikum,

Halooo.....
Akhirnya sudah lumayan settle menetap di Indonesiahhhh hehhe
Ternyata.....
Tidak hanya orang tuanya yang butuh adaptasi setelah kembali ke Indonesia, begitu juga Keihan, si bocilnya bu Dewi 來,
Jadi semenjak pulang di Indonesia, Keihan mulai menunjukkan tanda-tanda Alergi. Sejatinya aku engga begitu kaget, karna aku pun ada alergi jadi kemungkinan Keihan alergi juga besar probability~nya. Jadi dari awal sudah menyiapkan mental.
Karna masih euforia pulang dari perantauan, segala makanan udah masuk aja, mulailah tiap malam, tanganku engga berhenti menggaruk dan begitu pula pipi Keihan nampak makin merah alias ruam-ruam yang makin parah.
Setelah priksa ke dr. Yulianto (spesialis anak), Keihan di diagnosis dermatitis atopik setelah observasi hampir 1 bulan.
  




Tanda-tanda nya gimana sih?
Merah-merahnya membentuk pola biasanya melingkar dan kasar (mengalami penebalan kulit), kulit baby cenderung kering, di beberapa bayi juga muncul scalp (tpi tidak semua, yg scalp nya tebal ada nama alerginya sendiri kalau engga salah namanya dermatitis seboroik).
Ke dokter masalah alergi ini sampai 2 kali pertemuan, awalnya belum di minta menghindari makanan apapun, masih observasi. Setelah pertemuan yg kedua, dokter menyarankan untuk menghindari seafood, dairy product, telor dan kacang-kacangan.
Ssstt, kenyataannya aku masih agak ngeyel sih hahha masih makan kadang, tapi untuk seafood aku bener-bener stop karna kulitku juga beraksi berlebihan sama seafood ini.

Lalu apa yang di sarankan sama dokter?
- Pemberian salep steroid
Jadi fungsi steroid ini untuk meredakan kemerahan dan penebalan kulit. Kalau baca baca tentang steroid ini ngeri~ngeri sedap ya. Tapi kalau penggunaan yang tepat dan sesuai akan sangat membantu dan mempercepat proses pemulihan.
Saat di resepin salep ini, dokter Anto memberikan penjelasan yang sangat jelas. Jadi pemberian steroid ini harus dari level yang paling rendah lalu naik ke level yang lebih tinggi jika tidak mempan. Karena nantinya penggunaan steroid ini biasanya akan meningkat seiiring dengan intensitas penggunaannya, dan steroid penggunaan yang berlebihan dengan dosis yang tinggi bisa masuk ke pembuluh darah dan tidak baik untuk tubuh. Selain itu bisa menyebabkan kulit makin sensitive.
bisa dicek di website sini tentang penggunaan steroid untuk baby, klik disini. Penjelasan mengenai penggunaan topical steroid untuk eczema, bisa dicek disini dan disini. hahhaha banyak nyaa ^^
Keihan di kasih resep Desonide untuk pipi nya yang super parah dan hydrocartisone untuk kelopak matanya. Dan untuk badannya bisa diberi desonide. Penggunaan salep steroid sebaiknya atas petunjuk dokter yaaa, karna kalau salah atau asal beli engga baik efeknya.



ini table topical steroid class (kelas steroid) contohnya di class 6, salah satunya ada Desonide, untuk brand nya bebas apa saja, yang penting isinya. Jadi untuk buibu yang di kasih resep dokternya steroid sebaiknya juga di cek, apakah dokternya sudah memberikan dosis yang sesuai. Karna beberapa kali, ada ibu-ibu yang cerita di kasih salep steorid untuk baby nya yang class nya langsung ke class 4 dan dokternya juga tidak memberikan edukasi penggunaan steroid yang baik. 


Kalau kata dokter Yulianto, aduh Ibu....harus tau yaaa, apa yang dikasih ke anaknya, jangan sembarangan. hahha lain kali semua yang di kasih ke Keihan dibawa dulu ya ke saya. 
baik Dok, maafkan ibu baru ini. hehhe
Karna Keihan pernah ku kasih salep yang isinya Flurandrenoide yang masuk ke class mid potency, karna saran salah satu perawat temen kakakku, aku langsung merasa bersalah setelahnya.


- Keep moist
Salah satu cara untuk membantu meredakan ruam nya adalah selalu menjaga kulit nya lembab. Sesering mungkin di kasih lotion, setiap 2-3 jam sekali reapply pelembabnya.
Hindari mandi dengan air panas karna bikin kulit makin kering, jadi pakai air hangat kuku-kuku saja cukup dan pastikan kelembaban udara di ruangan juga dijaga.
Selain itu aku juga mencoba nyari-nyari sabun baby yang untuk dry skin dan atopy, sebelumnya aku pakai sabun dari burt's bee lalu ganti ke lactacyd baby dan sekarang pakai mustela. 
Untuk moisturizer nya, dr Yulianto sejatinya merekomendasikan physiogel, mustella atau cetaphyl. Tapi cetaphyl, Keihan pernah cobain sabun mandinya malah super kering, jadi emaknya pun engga tertarik buat nyobain moisturizer nya hehhe maap yaa. Untuk physiogel, aku sudah belii dari Korea namun belum dicobain masih ngabisin moisturizer yang sudah di coba dulu.

Review moisturizernya Keihan:
1. Illiyoon ceramide ato lotion (200 ml)
Harga 300.000 

Illiyoon adalah salah satu barang jualannya emaknya Keihan. Selain review nya Ok, Illiyoon ini juga mengandung ceramide yang ok untuk regenerasi kulit, untuk skin barrier dan melembabkan. 
So far menggunakan illiyoon ok ok aja, lembab iya, bau engga menganggu, dan kulitnya Keihan juga engga masalah dengan Illiyoon ini.


Illiyoon ini ada 2 type yaitu yang concentrate dan ato lotion, untuk yang ato lotion teksturnya lebih light dibanding yang concentrate. Asiknya pakai illiyoon adalah bisa dipakai aku juga dan Keihan, semenjak jadi emak-emak, ku malas sekali pakai skincare, sering nya cuma pakai moisturizer aja, dan bisa dipakai di seluruh badan. Jadi lebih simple dan multifungsi.





2. Biolane Moisturizing Cream (150ml)
Harga 200.000
Untuk biolane ini aku kemakan review kayaknya hahha, aku beli di orami kebetulan pas diskon. Aku cari review nya dalam bahasa Indonesia masih dikit banget.
Dia teksturnya light banget tapi lembab sih,
Karna masih dikit banget yang review, aku pun kurang yakin, sejatinya warna si Biolane ini memang kekuningan atau memang sudah teroksidasi, hahhaha
Kalau dari segi baunya sedikit kurang friendly, ada bau seperti kalau bahasa jawanya lekak gitu. Tapi tetep kupakai sih buat Keihan, biasanya aku pakainya di badan, kalau muka pakai Illiyoon, dan so far so good, engga ada reaksi alergi atau ketidak cocokan dari kulitnya Keihan.




3. Mustela Nourishing Cleansing Body Gel with Cold Cream for Dry Skin
Harga sekitar 200rbuan, 


Ini sabun yang paling cocok so far di Keihan, engga ada efek kering nya. Walaupun saat mandiin jadi lebih sulit karena licin banget. hahha tapi dibanding dengan lactacyd dan burt's bee, mustela terbaik.
Setelah pakai sabun mustela ini, kulit Keihan engga terlalu kering banget setelah mandi, walaupun di bagian-bagian yang jadi langganan rush masih terkadang kering, tapi udah improve banget, Tapi karena pricey banget hahha emaknya Keihan berencana mau nyobain Sebamed yang gosipnya juga Ok, hehhe insyaAllah nanti diupdate ya kalau sudah di cobain. hehhe


Terimakasih sudahhh membacaa tulisan ini,
Buibu yang punya pengalaman atau cerita tentang baby nya yang atopik boleh sharing. ^^
Semoga ada sedikit manfaat untuk yang lain.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Followers