Thursday, December 2, 2021

Steak homemade: mudah, murah dan enak ala Dewi

Hi, 
Assalamualaikum,
Haloo manteman lama banget engga nulis hahaha, 

Kayaknya memang dengan menulis agar bisa meredam hasrat diriku yang suka sharing, kadang aku berasa sih terlalu annoying mungkin untuk orang lain yang mendengarkan. Hahaha maaf ya mantemanku.

Semoga apa yang aku tulis disini, ada sedikit manfaatnya untuk teman-teman ya. ^^
Hahahaha ngarep 😁

Kali ini aku pingin sharing salah satu menu andalan ku dan favoritnya suamiku yaitu STEAK.
Yang paling penting disini ialah kemauan hahaha, steak homemade menurutku lebih murah pakai banget dibanding kalau beli. Apalagi bikinnya sebenere super gampang bumbunya.


Jadi ceritanya, aku sempet engga punya stock daging steak dan lagi males banget ke dapur. Lalu suamiku beli lah dia di gojek dengan harga per porsi 35.000
Sebenere engga expect to much, dengan harga 1/3 nya dari rumah steak yang terkenal. Jreng jreng pas dateng ya ampun tipisssss banget udah kayak kertas hahaha lalu kami spontan komen, yahh mending masak sendiri ya, harga segini masak sendiri dapet buanyak dan pasti puas hahaha

Ini aku bikinin total biaya untuk bikin steak untuk 3 porsi yaa.
Kalau menurut kami, bikin sendiri atau makan di rumah steak (yg per porsi diatas 100rbuan), rasanya mirip mirip hahaha ya bedanya suasana dan tinggal duduk cantik. Sesekali yaa boleh lah ya, tapi kalau sering-sering bisa boncosss. Hehehehe

Ini aku coba bikin rincian biaya bikin steak homemade untuk 3 orang:
1. Daging rib eye 400g : 58.000
2. Kentang 1/2 kg: 14.500
3. Sayuran (jagung, buncis, wortel): 7.500
4. Bumbu BBQ my taste: 16.000
Total 96.000
Hahahaha engga ada 100.000 bisa buat 3 orang 😂

Tapi memang masih ada tambahan beberapa bumbu yang belum ke itung ya dan gas hahaha 😬


Cara bikinnya:
1. Daging steak di unfreeze dulu, lalu taburi dengan garam dan lada di semua sisinya
2. Panaskan wajan (pakai apa aja, katanya pakai wajan iron lebih oke)
3. Geprek bawang putih secukupnya,
4. Setelah panas wajannya, masukkan butter secukupnya (aku sekitar 1sdm), lalu letakkan daging dan geprekan bawang putih
5. Kalau ada bisa tambah herbs (thyme, rosemarry, dll)
6. Kata Willgoz jangan sering dibalik2 masak steaknya cukup 1x balik (ini dalemnya bisa agak merah, youtube nya Willgoz silakan dice yg resep steak nya)
Kalau aku, malah ku potong size onebite biar makannya langsung pakai garpu dan mateng sempurna (ini silakan disesuaikan dengan selera masing-masing)
7. Di wajan yang berbeda hangatkan saos bbq nya, ini bisa di campur ke daging steaknya atau dipisah, makannya dengan di cocol, bebassss, tergantung selera
8. Biasanya sambil masak steak, aku ngrebus sayuran dan goreng kentang 
Sayuran kalau pakai buncis bisa di tumis grill gitu biar kayak di restoran hahaha

Daging steaknya murah banget sih, beli dimana???????
Daging steak ini memang banyak banget jenisnya dari yang muahal sampai yang terjangkau. Tapi daging ini aja menurutku udah enak hahahaha
Aku beli nya di TOKOPEDIA TOKONYA Hijrahfood meatshop
Termasuk beli kentangnya juga disini, udah langganan dari sejak pindah di Jakarta.
Salah satu alasannya mereka declaire semua produknya halal, harganya cukup terjangkau dan produknya oke juga.


Nah kalau untuk bumbu nya,
Ini aku pakai bumbu instan nya dari my taste yang BBQ, aku udah pernah nyobain yang mushroom dan lada hitam tapi yang paling enak yang BBQ. 1 pouch ini bisa untuk beberapa kali masak.

Gimanaaaa, tertarik buat bikin sendiri engga?? Hahaha
Worth it to try ^^
Bisa hemat berapa ratus ribu dibanding jajan diluar.
Makasih banyak sudahh baca
Semoga kita sehat selaluuu yaaaaaa....

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Followers